1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Solusi Atasi Gigi 'Ngilu' di Bulan Ramadan

Sebelum mengetahui solusinya, Anda wajib tahu mengapa timbul masalah gigi ngilu.

By Rizki Astuti 16 Juni 2016 18:02
Gigi Ngilu (www.md-health.com)

Money.id - Gigi ngilu bukan hanya mengganggu saat makan dan minum dingin atau panas. Juga menganggu kenyamanan berpuasa. Lalu bila ngilu, apa yang harus Anda lakukan?

Sebelum mengetahui solusinya, Anda wajib tahu mengapa ada masalah pada bagian mulut alias gigi ngilu. Ternyata gigi ngilu penyebab umumnya karena cara menyikat gigi yang salah, hingga menyebabkan berubahnya struktur gigi.

Kondisi itulah yang membuat bagian gigi bernama 'dentin' terbuka. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Kunjungi Dokter Gigi
Menurut pakar gigi dan mulut Sabai Asmaraghyra, sebaiknya rutin periksa kondisi gigi enam bulan sekali. Sebelumnya jika sudah memiliki gigi dengan kondisi berlubang jangan ditunda untuk melakukan penambalan gigi.

"Karena gigi yang bolong akan membuat gigi lebih sensitif. Sedangkan gigi ngilu akan terasa tajam dengan waktu yang singkat," katanya saat peluncuran Sensodyne Mouthwash di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Sikat Gigi Rutin
Disarankan untuk rajin menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit. Apalagi saat bulan puasa seperti ini, menurut Sabai jangan lupa untuk menyikat gigi setelah sahur agar gigi terhindar dari rasa ngilu.

"Jangan lupa untuk menyikat gigi dengan cara yang benar dan tepat. Hindari menyikat gigi dengan penekanan yang berlebih atau terlalu kuat."

Gunakan Mouthwash
Sudah banyak sekali mouthwash atau obat kumur dengan berbagai rasa dan varian yang memiliki sensasi segar di mulut, dan penggunaannya setelah menyikat gigi.

Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Selain itu gunakan mouthwash yang mengandung potassium nitrat yang terbukti mampu meredakan rasa ngilu pada gigi sensitif dan flouride yang mampu mencegah gigi berlubang.

"Sebaiknya gunakan dua kali sehari selama dua menit saat sahur dan berbuka puasa," katanya.

Konsumsi Buah
Menurut Sabai, sebaiknya konsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan air lebih banyak seperti semangka, melon, nanas, atau mentimun. Hal itu dilakukan agar menambah produksi air liur.

"Karena bulan puasa itu produksi air liur lebih sedikit dibanding biasanya," jelasnya. (els/dwq)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section