1. HOME
  2. FRESH
FINANCE

5 Cara Hemat dan Aman Merawat Hewan Peliharaan

Hobi memiliki dan mengurus hewan peliharaan sering diasosiasikan sebagai hobi yang mahal. Benarkah?

By Dwifantya Aquina 12 Juni 2016 17:07
Ilustrasi hewan peliharaan (interactive.wxxi.org)

Money.id - Bagi pecinta hewan, memiliki hewan peliharaan sendiri tentu merupakan sebuah berkah yang ingin dicapai. Bagi yang sudah kesampaian memelihara hewan, apakah kamu sudah mengurus hewan peliharaan kamu dengan baik?

Hobi memiliki dan mengurus hewan peliharaan sering juga diasosiasikan sebagai hobi yang mahal. Akibatnya, banyak pecinta hewan yang mengalami dilema apakah akan memelihara hewan atau tidak. Mungkin kamu salah satunya? Tidak perlu khawatir, karena sebenarnya kamu bisa berhemat saat mengurus hewan peliharaan.

Bagi yang sudah maupun masih sekedar cita-cita memiliki hewan peliharaan sendiri, coba simak 5 cara hemat dan aman untuk merawat hewan peliharaan berikut:

1. Gunakan makanan alami / khusus hewan
Makanan hewan merupakan salah satu faktor krusial dalam pemeliharaan hewan. Cobalah untuk mencari tahu tipe makanan apa saja yang tepat untuk hewan peliharaan kamu dan juga alternatif makanan alami. Perlu diingat bahwa hewan tidak selalu cocok dengan makanan manusia, jadi jangan sembarangan memberikan makanan sisa demi melakukan penghematan.
Baca juga: 5 Cara Bijak Melakukan Alokasi THR di Bulan Ramadhan

2. Lakukan pengecekan berkala
Sama seperti vaksin, kamu perlu mengontrol kesehatan hewan peliharaan kamu ke dokter hewan secara reguler. Cobalah mencari saran dari kenalan ahli atau lakukan searching di blog perawatan hewan mengenai frekuensi atas kontrol kesehatan hewan peliharaan kamu. Kontrol kesehatan rutin akan membuat kamu berhemat dari biaya berobat jika hewan jatuh sakit.
Baca juga: 4 Tips Mudah Agar Tidak Gampang Termakan Iklan Cicilan Kartu Kredit

3. Pastikan hewan peliharaan kamu divaksin
Tidak hanya manusia, hewan peliharaan juga perlu diberi vaksin. Kamu bisa mencari tahu dan berkonsultasi pada dokter hewat atau kenalan yang ahli mengenai vaksinasi hewan peliharaan apa saja yang diperlukan dan periode pemberian vaksin. Vaksin dapat menyelamatkan kamu dari biaya yang harus dikeluarkan jika hewan peliharaan kamu jatuh sakit.

4. Minimalisir penggunaan aksesoris hewan
Banyak pemilik hewan yang ingin agar peliharaannya tampil penuh gaya, sehingga mereka sering mendadani hewan peliharaannya dengan berbagai aksesoris yang nyentrik. Hewan tidak selalu senang didandani dengan aksesoris yang aneh. Cobalah untuk menghemat dengan cara tidak membeli aksesoris hewan peliharaan, kecuali jika aksesoris tersebut diperlukan untuk menunjang hidup sang hewan.

5. Belajar melakukan perawatan hewan sendiri
Daripada kamu menghabiskan banyak uang untuk perawatan hewan di salon, cobalah untuk belajar sendiri cara merawat hewan peliharaan kamu. Misalnya, kamu dapat mempelajari sendiri cara memandikan kucing kamu atau cara memotong kuku anjing peliharaan kamu tanpa perlu pergi ke salon.
Baca juga: 7 Uang Kertas dengan Nominal Terbesar di Dunia

Untuk berhemat saat membeli berbagai kebutuhan hewan peliharaan, kamu juga dapat memanfaatkan kartu kredit untuk melakukannya. Ada berbagai fitur kartu kredit seperti cashback atau reward point yang dapat dimanfaatkan untuk berhemat saat membeli kebutuhan kamu ataupun kebutuhan hewan peliharaan kamu.

Gunakan situs perbandingan populer produk keuangan seperti HaloMoney.co.id untuk memudahkan kamu menemukan kartu kredit yang tepat.

 

(da/da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section