1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Mengapa di Bulan Puasa Gigi Cenderung Lebih Terasa Ngilu?

Saat puasa rongga mulut lebih kering karena aktivitas...

By Rizki Astuti 15 Juni 2016 13:15
Gigi Ngilu (www.md-health.com)

Money.id - Di bulan puasa, gigi Anda sering terasa ngilu saat menyantap menu sahur dan berbuka? Pakar kesehatan gigi dan mulut, Sabai Asmaraghya menjelaskan, saat puasa rongga mulut lebih kering karena aktivitas mengunyah jauh berkurang dibanding biasanya.

"Akibatnya air liur yang dikeluarkan pun cenderung lebih sedikit dan tidak efektif melindungi gigi yang sensitif. Akhirnya kenikmatan berbuka dengan yang dingin dan manis jadi terganggu," ujar Sabai saat peluncuran Sensodyne Mouthwash 250ml, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 14 Juni 2016.

Dia menjelaskan, gigi sensitif adalah di mana kondisi berubahnya struktur gigi yang menyebabkan bagian gigi bernama dentin terbuka. Biasanya hal ini terjadi karena cara menyikat gigi yang salah.

"Sehingga email gigi akan menipis. Di dalam email gigi, terdapat dentin yang terdiri dari tabung-tabung dentin (tubuli dentin). Tabung tersebut bersentuhan langsung dengan saraf," katanya.

Oleh karena itu, menurut Sabai, pada saat Anda mengkonsumsi makanan dan minuman panas, dingin, manis atau asam akan terasa ngilu yang tajam dalam jangka waktu pendek.

Untuk itu, Sabai menyarankan agar Anda menggunakan mouthwash atau obat kumur yang tidak mengandung alkohol agar tidak merusak lapisan gigi, dan menyikat gigi dua kali sehari terutama saat berpuasa. (els)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section