1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KULINER

Cerita di Balik Daging Sapi Termahal di Dunia, Selembar Rp3,7 Juta

Daging sapi Kobe mahal karena perawatannya yang istimewa. Sapi tidak boleh stres dan diperlakukan bak raja.

By Dwifantya Aquina 8 Mei 2016 06:34
Daging sapi Kobe yang terkenal karena kualitas dagingnya (johnchow.com)

Money.id - Daging sapi Jepang terkenal sebagai yang terbaik di dunia. Salah satunya adalah daging sapi Kobe yang memiliki harga 'selangit'.

Peternakan sapi Kobe mampu menghasilkan kualitas daging sapi terbaik didunia. Pantas saja jika harga yang ditawarkan untuk 870 gram daging kobe mencapai 31.500 Yen atau setara dengan Rp3.700.000. Dagingnya juga harus berasal dari sapi jantan atau sapi perawan.

Menurut para pakar masakan terkemuka didunia, daging sapi kobe memiliki kontur yang berbeda dengan daging sapi lain, ini dikarenakan lapisan lemak antar serat daging yang banyak. Selain itu warna daging, lemak, lapisan lemak dan tekstur daging Kobe memiliki nilai sempurna untuk semuanya.

Para peternak sapi Kobe dalam merawat sapi-sapinya seperti merawat seorang raja. Si sapi begitu dimanja bak seorang raja yang sangat berkuasa. Perlakuan ini sangat beda dibanding merawat sapi-sapi biasa. Sapi Kobe sangat diperhatikan dalam segala aspek kehidupannya, peternak sengaja memperlakukakan sapinya seperti itu bertujuan supaya kualitas daging sapi menjadi sempurna.

Peternak senantiasa memberi makan sapi Kobe dengan rumput yang masih hijau dan fresh, dilengkapi dengan bermacam-macam buah-buahan dan sayur-sayura. Pemberian buah-buahan dan sayur-mayur pada sapi Kobe diberikan dengan cara dilumatkan yang bertujuan untuk melengkapi vitamin dan mineral si sapi. Sapi Kobe seumur hidupnya belum pernah makan jerami atau rumput yang sudah layu.

Setiap pagi, secara bergiliran sapi Kobe dimanja dengan cara dibelai, diajak bicara dengan memberikan sapaan seperti “selamat pagi, bagaimana kabar pagi ini, bagaimana dengan tidurmu?”. Sesudah dibelai dan diajak bicara, si sapi akan diajak jalan-jalan melihat pemandangan indah, perlakuan ini sengaja dilakukan supaya si sapi tidak stres.

Sapi Kobe diberi kandang yang bersih dan sempit, supaya tidak banyak bergerak. Anda pastinya tidak akan menemukan kandang sapi Kobe di perkotaan atau di pedesaan biasa, karena peternak sapi Kobe akan membangun kandang sapinya di atas pegunungan dengan pemandangan yang sangat indah.
Perlakuan itu sengaja diterapkan agar si sapi tidak stres. Tiap hari di kandang sapi Kobe selalu diputar lagu-lagu klasik yang menyenangkan, sambil si sapi dikasih minum sake. Sengaja peternak mengkombinasi musik dan minuman sake kepada si sapi, bertujuan supaya si sapi tetap dalam keadaan mengantuk dan rileks.

Sapi Kobe secara teratur diberi terapi pijat yang sangat memanjakan bertujuan supaya lemak menyebar dengan merata. Sebuah tayangan di YouTube bahkan pernah merekam cara perlakuan istimewa sapi Kobe, yaitu sebelum dipijat-pijat, sapi disembur dulu dengan sake oleh pengurusnya lalu semburan sake tersebut diratakan dengan sikat ke bulu-bulunya.

Sapi Kobe selalu dalam keadaan bersih dan wangi, karena sapi Kobe setiap hari selalu dimandikan.

Dalam proses pemotongan, para peternak sapi Kobe mempunyai ritual khusus untuk sapinya, yaitu si sapi dikasih minum dulu sake atau whisky supaya ketika dipotong si sapi dalam keadaan rileks dan tidak tahu mereka akan dipotong, menurut para peternak ritual ini sengaja supaya urat-urat si sapi tidak mengeras ketika dalam proses pemotongan.

Penasaran dengan nikmatnya daging Kobe?

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section