1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

7 Fakta Unik Tentang Wafel

Beikut 7 fakta unik tentang 'Wafel' dari desain alas sepatu hingga brand eggo yang dulunya merupakan brand mayoneis.

By Azalia Amadea 28 Maret 2016 12:35
Ilustrasi sajian Wafel (Pixabay)

Money.id - Wafel adalah salah satu makanan manis yang sering disajikan saat sarapan maupun sebagai camilan di sore hari. Camilan berbentuk kotak-kotak ini ternyata sudah ada sejak abad ke-14.

Wafel yang Anda sering lihat saat ini merupakan jenis wafel modern yang dimasak menggunakan cetakan pelat logam. Kini membuat wafel menjadi sangat mudah dan dapat dimasak sendiri di rumah dengan bantuan cetakan kotak tersebut.

Saat ini sudah banyak macam wafel yang berbeda di setiap negara. Dilansir laman foodbeast.com, Senin 28 Maret 2016 berikut fakta-fakta unik lainnya mengenai camilan manis wafel.

Foto: foodbeast.com

1. Bentuk Kotak Alas Sepatu Nike Terinspirasi dari Wafel

Bill Bowerman yang merupakan seorang pelatih sekaligus pemilik Nike terispirasi untuk membuat desain alas sepatunya dari bentuk kotak cetakan wafel. Suatu pagi pada tahun 1971 ketika ia sedang melihat istrinya membuat wafel dengan pelat kotak memunculkan ide di kepalanya untuk membuat desain alas untuk sneaker Nike.

2. Nama 'Waffle' Berasal dari Belanda

Sejarah nama 'Wafel' sendiri merupakan turunan dari kata 'Wafer' yang berasal dari bahasa Belanda. Meskipun banyak orang juga yang mempercayai bahwa kata 'Wafel' berasal dari Perancis atau bahkan Cina kuno. Nama wafel sendiri baru pertama kali digunakan pada tahun 1725 dalam bahasa Inggris.

3. Wafel Diperingati dalam International Waffle Day

Wafel memang merupakan makanan istimewa, hal tersebut dibuktikan dengan adanya 2 hari International Waffle Day yang diperingati secara internasional. Di Swedia, International Waffle Day jatuh pada 25 Maret, sedangkan di Amerika Serikat diperingati pada 24 Agustus. Tanggal 24 Agustus tersebut dipilih sebagai hari peringatan wafel sedunia karena pada tanggal tersebut juga Cornelius Swartwout mematenkan hasil temuannya yaitu pelat wafel.

4. Wafel Terbesar di Dunia Panjangnya Hingga 8 Kaki

Wafel terbesar di dunia memiliki ukuran hingga 8 kaki dengan berat 110 pon. Rekor tersebut didapat pertama kali oleh sebuah organisasi bernama Stitching Gouda Oogst of the Netherlands pada tahun 2013.

5. Rekor Makan 29 Wafel Tercepat Hanya dalam 10 Menit

Patrick Bertoletti adalah juara internasional yang mendapatkan rekor pemakan 29 wafel tercepat yang habis dalam waktu 10 menit saja. Ia mengalahkan juara sebelumnya yaitu Joey Chestnut yang pernah memakan 23 wafel dalam waktu 10 menit pada tahun 2007.

6. Wafel Digunakan Sebagai Wadah Akibat Kekurangan Cup Ice Cream

Saat ini mungkin Anda lebih nikmat memakan es krim dengan menggunakan biskuit wafel atau yang sering disebut cone. Cone sendiri ternyata ditemukan tidak sengaja akibat salah satu toko es krim di St. Louis kehabisan cangkir mereka. Akhirnya pemilik toko es krim tersebut meminta bantuan pada toko wafel yang terletak disebelahnya untuk membuatkan wafel berbentuk kerucut sebagai wadah pengganti.

7. Brand Ternama Eggo Wafel Dulunya Merupakan Brand Mayoneis

Salah satu brand wafel siap saji yang populer adalah Eggo. Eggo sendiri ternyata dulunya merupakan brand mayoneis siap makan. Pada tahun 1932 kakak beradik Frank, Anthony and Sam Dorsa menciptakan brand eggo mayoneis yang menjadi hits secara internasional. Namun kini brand tersebut lebih populer sebagai brand wafel siap makan. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section