1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Tips Memilih Camilan untuk Keluarga

Ciptakan momen seru dengan sajikan camilan yang disukai seluruh anggota keluarga.

By Azalia Amadea 5 Februari 2016 17:43
Hanifa Ambadar (Azalia Amadea/Money.id)

Money.id - Camilan atau snack merupakan makanan yang kerap dicari ketika waktu senggang. Waktu tersebut misalnya ketika sore hari menjelang malam. Terkadang perut terasa lapar namun belum saatnya memenuhi perut dengan makanan berat.

Bagi seorang ibu, menyiapkan stok makanan seperti camilan untuk keluarga di rumah merupakan bagian yang tak bisa dilupakan. Ada juga ibu yang rela repot-repot membuat camilannya sendiri di rumah.

Foto: babble.com

Berikut tips memilih camilan sehat untuk keluarga menurut Hanifa Ambadar, yang merupakan seorang ibu muda sekaligus pemilik forum para ibu di Momys Daily Network.

1. Bila ingin menciptakan momen seru dengan keluarga, cobalah menyajikan camilan yang disukai oleh seluruh anggota keluarga.

"Diusahakan untuk jangan memaksakan anak memakan makanan yang ia tidak sukai, apalagi sampai si anak kesal lalu menangis," kata Hanifa, yang ditemui Money.id dalam acara peluncuran Lotte Choco Pie baru di Jakarta, Kamis 4 Februari 2016.

2. Siapkan camilan-camilan yang higienis, lalu dengan komposisi bahan yang seimbang. Usahakan untuk jangan sering membuatkan camilan yang proses masaknya digoreng seperti goreng-gorengan, karena tidak baik untuk kesehatan.

3. Bila Anda ingin berpergian ke luar kota, bawalah camilan yang praktis yang tentunya disukai keluarga.

Jika ingin membawa buah-buahan, bawalah buah-buahan yang praktis, tinggal disantap seperti anggur, stroberi, dan lain sebagainya yang tidak memerlukan pengupasan.

4. Untuk para ibu yang suka membawakan bekal makanan ataupun camilan untuk anak ke sekolah, cobalah untuk menyiapkan bahan-bahannya dari malam sebelumnya. Sehingga paginya para ibu tidak kualahan menyiapkannya.

5. Usahakan tidak menyediakan makanan yang manis-manis saja, sediakan juga camilan sehat lainnya.

"Untuk segi komposisi imbangi pemberian camilan manis dengan camilan sehat agar keluarga tetap terpenuhi gizinya," ujarnya.

6. Untuk mengatasi kebosanan menu makanan, cobalah untuk menjadi ibu yang kreatif dengan menyajikan makanan yang berbentuk unik dan lucu.

Semisal mengkreasikan buah menjadi bentuk sate buah, atau membuat telur dadar yang dipotong memanjang lalu digulung sehingga berbentuk seperti rolade.

Semoga tips-tips menyediakan camilan untuk keluarga tersebut dapat membuat para orang tua khususnya ibu sehingga tidak lagi kebingungan memilih camilan yang baik untuk keluarga. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section