1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Suka Keju? Ketahui Dulu 4 Fakta Unik Tentang Keju Ini

Selain rasanya yang enak, keju hampir memiliki semua kandungan nutrisi susu. Seperti protein, vitamin, mineral, kalsium, dan fosfor.

By Dian Rosalina 25 Januari 2016 18:20
Keju (www.starmarket.com)

Money.id - Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses tersebut dibantu oleh bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet.

Makanan olahan ini cukup populer di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Selain rasanya yang enak, keju hampir memiliki semua kandungan nutrisi susu. Seperti protein, vitamin, mineral, kalsium, dan fosfor.

Dikutip dari Foxnews, Senin 25 Januari 2016, bagi pencinta keju, Anda harus mengetahui beberapa fakta mengejutkan tentang keju. Berikut ulasannya.

Berusia ribuan tahun

Makanan ini diduga dikenal pertama kali di daerah sekitar Timur Tengah. Namun belum bisa dipastikan kapan keju pertama kali ditemukan.

Menurut legenda, keju pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pengembara dari Arab sejak 4000 tahun silam.

Ada juga studi yang menyatakan bajhwa teknik pembuatan keju sudah dikenal di Eropa sebelum Kekaisaran Romawi.

2000 jenis

Keju sangat baik dikonsumsi karena kaya akan protein. Terutama bila dikonsumsi untuk anak-anak. Karena mereka membutuhkan protein yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Pada tahun 2010, menurut riset yang dilakukan The Wonderful World Of Cheese, diperkirakan terdapat 400 macam keju.

Namun International Dairy Food Association, menemukan tahun 2015, ada lebih dari 2.000 jenis keju yang tersebar di seluruh dunia.

Penghasil keju terbanyak, Amerika

Banyak orang mengetahui bahwa Belanda terkenal sebagai penghasil keju, terutama di kota Gouda dan Edam.

Keju-keju dari Belanjda biasanya manis dan kebanyakan dibuat berdasarkan resep yang telah berumur ratusan tahun.

Namun faktanya, Amerika Serikat adalah produsen keju berskala besar yang sukses menjual produknya di pasaran. Keju seperti mozzarella dan cheddar adalah jenis keju yang paling laris di Amerika Serikat.

Sandwich keju termahal di dunia

Makanan termahal yang pernah dibuat menggunakan keju adalah Quintessential Grilled Cheese.

Sandwich itu dihargai US$ 214 atau setara Rp2,9 juta. Yang membuatnya mahal adalah bahan keju yang digunakan, yaitu dengan Keju Caciocavallo Podolico.

Keju Caciocavallo Podolico adalah keju langka yang berasal dari Italia. Keju tersebut mengandung susu sapi murni yang hanya memakan rumput adas dan stroberi liar, jamur truffle dan serpihan emas. Menurut Billionairesnewswire, harga satu kantung keju tersebut setara dengan harga perak. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section