1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Kenali Yuk, Jenis-jenis Kentang dan Cara Mengolahnya

Ketahui jenis kentang yang cocok dalam sajian masakan Anda.

By Azalia Amadea 28 Januari 2016 08:05
Ilustrasi jenis-jenis kentang (Foto: modernfarmer.com)

Money.id - Kentang sangat mudah dikreasikan menjadi olahan masakan. Di Indonesia kentang sangat mudah didapatkan di tempat-tempat belanja bahan makanan manapun.

Kentang juga lezat disajikan sebagai makanan utama maupun makanan penutup. Seperti, direbus, digoreng, dijadikan donat, perkedel, keripik dan lain sebagainnya.

Agar sajian kentang Anda lebih nikmat, gunakan kentang yang sesuai dengan jenis makanan yang akan Anda hidangkan. Dilansir dalam laman royco.co.id Rabu 27 Januari 2016, mari kenali lebih dekat jenis-jenis kentang yang cocok untuk hidangan Anda.

1. Kentang biasa

Foto: tripatini.com

Jenis kentang ini sangat mudah ditemukan di pasaran, dan paling mudah diolah. Kentang ini berbentuk bulat dan memiliki umbi berwarna putih.

Tekstur jenis kentang yang berwarna cokelat keemasan ini cenderung lengket dan tidak mudah hancur. Kentang ini sangat cocok digunakan dalam sajian sup dan somay.

2. Kentang mentega

Foto: opalcontent.com

Kentang jenis ini disebut kentang mentega karena umbinya yang berwarna kuning. Jika dimakan rasanya juga lebih enak dan empuk.

Kentang jenis ini juga sering digunakan dalam berbagai olahan. Adapun yang termasuk kentang mentega ada dua jenis, yaitu:

Kentang granola, memiliki permukaan yang terasa halus saat diraba dan bintik hitam atau matanya terlihat lebih jelas dan lebih dalam.

Kentang granola memiliki kandungan pati sekitar 16-18 persen dengan kandungan air lebih dari 80 persen. Kentang ini cocok dimasak dengan cara direbus.

Kentang tes, kulit kentang tes agak terang dan permukaan kulitnya terasa kasar jika diraba.

Kentang tes memiliki kandungan pati yang lebih tinggi dengan kandungan air lebih rendah dari kentang granola. Kentang ini cocoknya diolah dengan cara digoreng atau dipanggang, semisal french fries atau baked potato.

3. Kentang merah

Foto: sapotatoco.com.au

Kentang jenis ini hanya tampak berwarna merah di bagian kulit luarnya saja, namun umbinya tetap berwarna kuning.

Kentang ini sangat cocok dimakan bagi penderita diabetes, karena jenis kentang ini memiliki indeks glikemik rendah dari jenis kentang lainnya. Dengan kandungan karotenoid yang bermanfaat bagi tubuh.

4. Kentang kecil

Foto: afoodcentriclife.com

Ukuran kentang ini tentunya lebih kecil dari kentang biasanya. Kentang ini biasa disebut baby potato. Masakan khas Padang sering menggunakan kentang sebagai teman dalam sajian rendang daging. (poy)

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section