1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Caranya Agar Sawi Tak Pahit dan Menghitam

Potong sawi putih menggunakan pisau yang terbuat dari stainless steel, agar sawi tidak menghitam.

By Azalia Amadea 3 Februari 2016 13:03
Ilustrasi olahan sawi putih (Foto: royco.co.id)

Money.id - Sawi seringkali disajikan sebagai pelengkap dalam bakso kuah maupun mi rebus. Namun sawi yang diolah dengan cara yang tidak tepat dapat membuat terasa pahit dan terlihat menghitam.

Sawi putih maupun sawi hijau merupakan jenis sayuran yang mudah diolah, cara mengolah lainnya adalah dengan ditumis.

Dilansir dari laman royco.co.id berikut tips mengolah sayur sawi agar tidak menghitam dan menjadi pahit.

Olahan Sawi Hijau/royco.co.id

Sawi hijau

Pilihlah sawi hijau yang agak tua, karena sawi hijau yang lebih tua biasanya tidak memiliki rasa sepahit sawi hijau yang lebih muda.

Gunakan bagian daun sawi pada masakan dan buang sebagian batangnya. Kadar serat dalam batang sawi akan membuat sawi menjadi terasa pahit setelah dimasak.

Selain itu, proses memasak batang sawi juga akan menghasilkan aroma pahit yang bisa merusak aroma sajian.

Sawi hijau tidak perlu dimasak terlalu lama dan hanya perlu dimasak secara cepat, sehingga rasa dan tekstur sawi terjaga, serta sawi tidak berubah rasa menjadi pahit.

Sawi putih

Pilihlah sawi putih dengan daun berwarna putih dan masih keras. Hindari menggunakan sawi yang telah memiliki titik-titik hitam pada daun dan ujung daunnya.

Simpan sawi putih dalam tempat yang sejuk dan gelap seperti di dalam kulkas. Sawi putih yang terkena cahaya akan berubah rasa menjadi pahit.

Potong sawi putih menggunakan pisau yang terbuat dari stainless steel. Memotong sawi menggunakan pisau yang terbuat dari baja karbon (carbon steel) akan menghasilkan reaksi kimia yang membuat tepian sawi putih berubah warna menjadi kehitaman.

Dengan tips di atas, sajian tumis sawi Anda tidak lagi terasa pahit, beraroma tidak enak, ataupun berwarna kehitaman. Rasa dan penampilan tumisan sayur yang segar dapat menambah selera. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section