1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Wanita Sering Lakukan Kesalahan Finansial Ini

Kesalahan umum yang sering terjadi adalah belanja berbagai barang yang sebenarnya tidak penting.

By Dwifantya Aquina 29 Juli 2017 09:14
Ilustrasi wanita dan uang (dailyfinance.com)

Money.id - Wanita kerap melakukan kesalahan yang tanpa disadari dapat berdambak buruk terhadap masa depannya. Apalagi jika kesalahan tersebut telah menjadi kebiasaan, perlu perjuangan untuk menghilangkannya.

Kesalahan umum yang sering terjadi adalah belanja berbagai barang yang sebenarnya tidak penting. Selain itu, masih banyak kesalahan-kesalahan lain yang berbahaya jika terus menerus terjadi. CekAja.com melansir daftar berikut ini, siapa tahu Anda juga melakukannya.

Mengandalkan kartu kredit setiap saat

Tidak ada salahnya menggunakan kartu kredit asalkan bijak. Seringkali wanita muda ketergantungan pada kartu kredit karena terbawa gaya hidup konsumtif. Akibatnya, tagihan membengkak dan sulit mengatur keuangan.

Tidak memikirkan pensiun

Sebagian orang mungkin berpikir pensiun masih sangat jauh, tak perlu memusingkannya sejak sekarang. Padahal, pensiun butuh persiapan agar kelak tidak bergantung pada orang lain. Masa pensiun yang bahagia dan sejahtera akan mudah terwujud dengan perencanaan yang baik.

Tidak terlindungi asuransi kesehatan

Wanita pekerja biasanya mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan dari kantornya. Bagi wanita yang bekerja secara freelance atau membangun bisnis sendiri, asuransi kesehatan tetap harus menjadi prioritas. Ingat, tak ada yang tahu risiko kesehatan apa saja yang mengintai Anda.

Ragu untuk investasi

Apakah Anda termasuk wanita yang ragu berinvestasi? Saat ini memang marak sekali investasi bodong. Mungkin saja Anda jadi takut berinvestasi karena hal ini. Padahal, asalkan Anda punya pengetahuan tentang investasi, Anda tak akan mudah terjebak dengan investasi bodong.

Mengutamakan keinginan

Wanita mudah sekali untuk berbelanja berbagai benda yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Seringkali wanita membeli sesuatu hanya karena bentuknya yang cantik. Sebagai wanita, Anda seharusnya lebih bijak dalam berbelanja.

Sulit menabung

Menunda menabung dan mengutamakan hal lainnya akan sangat berbahaya. Anda tidak mau bukan setelah bertahun-tahun bekerja, gaji Anda tak berbekas? Segera sisihkan untuk menabung setelah mendapatkan gaji. Jangan menabung setelah ada sisa gaji.

Malas mengenal perencanaan keuangan

Belajar perencanaan keuangan saat ini semakin mudah. Selain dari buku, Anda bisa mengakses portal keuangan, mengikuti blog financial planner, dan sebagainya. Pengetahuan tentang perencanaan keuangan akan sangat berguna untuk Anda hari ini dan untuk masa depan kelak.

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section