1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Wanita Harus Siapkan Diri Hadapi 5 Kondisi Finansial Tak Terduga Ini

Kondisi tersebut mengharuskan para wanita telah siap secara finansial agar dapat menjalaninya dengan baik.

By Dwifantya Aquina 27 Juli 2017 13:07
Ilustrasi wanita sukses (Pixabay.com)

Money.id - Menjadi wanita yang mampu meraih keberhasilan di bidang yang digeluti merupakan hal yang istimewa, mengingat wanita juga harus menyeimbangkan perannya untuk menjalani kodrat sebagai ibu. Namun, tak semua wanita menjalani peran ganda. Ada kalanya wanita harus memilih untuk fokus menjadi ibu rumah tangga. Semua tergantung kondisi dari masing-masing wanita.

Dalam hal finansial, tanpa melihat apapun itu statusnya, wanita berpotensi mengalami berbagai kondisi finansial tak terduga. Kondisi tersebut mengharuskan para wanita telah siap secara finansial agar dapat menjalaninya dengan baik. CekAja.com melansir 5 kondisi sebagai berikut.

Kehilangan pekerjaan

Seperti halnya pria, wanita juga rentan kehilangan pekerjaan. Ketika kehilangan pekerjaan karena berbagai sebab mulai dari putus kontrak hingga PHK, seseorang belum tentu dapat menemukan pekerjaan baru dalam waktu singkat. Oleh karena itu, penting sekali untuk memiliki dana darurat yang berguna untuk menghadapi pengeluaran-pengeluaran besar tak terduga.

Biaya kesehatan

Wanita juga harus mempersiapkan diri dalam menghadapi risiko kesehatan. Meskipun telah terlindungi asuransi kesehatan, ada kalanya ada kondisi yang tak ter-cover oleh asuransi. Sebaiknya, Anda memulai hidup sehat, rutin memeriksakan kesehatan ke rumah sakit, serta mempersiapkan dana khusus.

Transportasi

Dalam situasi tertentu, wanita harus mengeluarkan biaya transportasi ekstra, misalnya ketika pulang terlalu malam. Agar lebih nyaman, wanita harus menggunakan taksi yang tarifnya lebih mahal dari angkutan umum. Atau saat hamil tua dan harus bekerja, lagi-lagi wanita harus mengandalkan taksi bukan?

Kehamilan di luar rencana

Kehamilan yang terencana mungkin tak jadi soal karena Anda dan pasangan telah mempersiapkannya dengan matang. Bagaimana jika Anda hamil karena gagal saat menjalankan program Keluarga Berencana (KB)? Anda dan pasangan tetap harus menanggung berbagai biaya bukan? Biaya konsultasi dokter, melahirkan, hingga biaya membesarkan anak. Jika Anda telah terlindungi dengan asuransi kesehatan, Anda tentu lebih siap menghadapi situasi ini.

Bercerai

Terdapat data yang memperlihatkan pada 2011 ada lebih dari seperempat wanita di Amerika Serikat hidup miskin karena bercerai atau berpisah dengan pasangannya. Selain harus menanggung kebutuhan hidup seorang diri, mengurus perceraian juga butuh biaya.

Baca Juga

 

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section