1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Mau Pinjam Uang di Bank, Ini 5 Langkah Jitu yang Penting Diketahui

Hal ini penting agar Anda melakukannya dengan tepat dan tidak merugikan baik secara waktu maupun finansial.

By Dwifantya Aquina 7 Juli 2017 08:51
Uang baru keluaran Bank Indonesia (Money.id)

Money.id - Jika Anda ingin mengajukan pinjaman uang di bank, baik itu Kredit Tanpa Agunan (KTA) maupun kredit dengan agunan atau yang dikenal dengan nama kredit multiguna, Anda harus mengetahui langkah-langkahnya terlebih dahulu.

Hal ini penting agar Anda melakukannya dengan tepat dan tidak merugikan baik secara waktu maupun finansial. Meski terlihat mudah, mengajukan pinjaman ke bank juga membutuhkan persiapan dan langkah yang tepat.

Agar tak salah kaprah, berikut ini 5 langkah yang harus dilakukan saat mengajukan pinjaman di bank.

Tentukan jenis pinjaman

Seperti sudah disinggung di atas, bank memiliki berbagai jenis pinjaman seperti KTA dan pinjaman multiguna. Perbedaan mendasar antara KTA dan multiguna adalah syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman dan plafon kredit. Bila KTA mewajibkan adanya kartu kredit sebagai syarat administrasi, maka kredit multiguna mensyaratkan adanya agunan atau barang jaminan.

Sementara nilai plafon kredit pada KTA biasanya hanya dibatasi hingga Rp 200 jutaan. Lain halnya dengan kredit multiguna yang bisa lebih besar tergantung jenis agunan yang digunakan. (Baca juga: Cara Bikin Udara Rumah jadi Sejuk Tanpa Pendingin Udara)

Tentukan besar pinjaman dan bunga

Setelah menentukan jenis pinjaman, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah jumlah pinjaman dan besaran bunga yang nantinya akan Anda toleransi. Untuk menentukan jumlah pinjaman ini jangan hanya didasarkan atas kebutuhan semata melainkan kemampuan Anda untuk mencicil utang. Jika penghasilan Anda ke depan tidak mengalami kenaikan yang pasti, jangan mengajukan pinjaman di luar kemampuan. Sebab, bisa saja Anda jatuh pada jeratan utang yang justru bisa memiskinkan.

Lakukan perbandingan terlebih dahulu

Ada banyak lembaga keuangan yang bisa memberikan pinjaman mulai dari bank hingga lembaga keuangan non bank. Tiap-tiap pemberi kredit pun biasanya menawarkan produk dengan keunggulan berbeda-beda. Bila Anda tidak melakukan perbandingan, ada kemungkinan Anda tidak mendapatkan produk terbaik yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Di era digital seperti sekarang, melakukan perbandingan produk tak serepot seperti dulu. Cukup mengakses website toko finansial yang memiliki fitur perbandingan produk bahkan kalkulator kredit, Anda bisa mendpaatkan produk terbaik dengan spesifikasi yang sesuai dengan ANda seperti nilai pinjaman, bunga dan lain sebagainya.

Pilih produk yang tepat

Sebelum memilih produk pinjaman bank, ketahui dulu legalitas dan keamanan lembaga keuangan tempat Anda meminjam uang. Pastikan hanya meminjam uang ke bank yang memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan.

Ajukan secara online

Bila dulu pinjaman bank hanya bisa diakses secara langsung, artinya nasabah harus mendatangi cabang bank untuk mengajukan pinjaman, saat ini sudah tersedia fasilitas toko finansial yang lebih memudahkan. Dengan mengajukan pinjaman melalui toko finansial, Anda tak perlu repot mendatangi bank. Cukup dengan mengakses gadget atau ponsel pintar Anda, produk yang benar-benar Anda butuhkan bisa diakses. Selain menghemat biaya, cara ini juga menghemat waktu.

(Baca juga: Siasati Penggunaan Peralatan Ini Agar Tagihan Listrik Murah!)

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section