1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Produk Keuangan yang Wajib Dimiliki Seorang Ayah

Ayah harus melek dengan keuangan termasuk memiliki berbagai produk keuangan.

By Dwifantya Aquina 25 Maret 2017 08:37
Sebagai seorang kepala keluarga, alternatif keuangan penting untuk dimiliki (time.com)

Money.id - Tanggung jawab orang tua di zaman modern bertambah berat. Apalagi kebutuhan ekonomi semakin banyak saja. Untuk itu, orang tua, khususnya ayah sebagai kepala keluarga harus memiliki persiapan sebelum menjadi orang tua. Persiapan yang dimaksud bukan hanya persoalan mental melainkan juga finansial.

Bicara soal produk finansial, ayah harus melek dengan keuangan termasuk memiliki berbagai produk keuangan. Bahkan, di zaman sekarang beberapa produk keuangan berikut ini wajib dimiliki oleh seorang ayah. Berikut ini daftar yang dilansir dari CekAja.com.

Reksadana

Reksadana merupakan produk investasi yang terdiri dari kumpulan dana dari banyak investor. Dana investor tersebut dikelola oleh manajer investasi untuk membeli saham, obligasi, mata uag asing, dan lain sebagainya. Keunggulan reksadana terletak pada minimal dana investasi yang rendah. Bahkan beberapa reksadana bisa dimulai dengan uang ratusan ribu rupiah.

Jumlah ini tentu berbeda dengan investasi saham yang mensyaratkan modal minimal cukup besar. Reksadana harus dimiliki seorang ayah karena produk ini cocok dengan tujuan investasi jangka panjang seperti biaya pendidikan anak seperti biaya masuk SD, SMP, SMA hingga kuliah. (Baca juga: Tak Lagi Khawatir Simpan Benda Berharga di Rumah, Ini Caranya)

Deposito

Deposito adalah produk keuangan yang lebih umum diketahui orang dibandingkan reksadana. Biasanya, untuk memulai deposito dibutuhkan minimal dana untuk memulainya seperti Rp5 juta dengan top up rutin per bulan senilai Rp500 ribu.  Deposito memiliki kelebihan berupa bunga tetap yang pasti diperoleh orang ketika menanamkan uangnya.

Beda dengan imbal hasil reksadana yang fluktuatif tergantung pergerakan harga pasar, besaran bunga ditetapkan oleh bank misalnya 5%, 6% atau 9%. Kelebihan lainnya adalah, dana yang Anda simpan dijamin oleh pemerintah melalui LPS sehingga apabila terjadi sesuatu terhadap bank, uang yang Anda miliki dapat kembali secara utuh.

Deposito penting dimiliki oleh seorang ayah karena meningkatkan nilai investasi keluarga sekaligus memperbanyak portofolio sehingga tidak membahayakan investasi Anda.

Asuransi jiwa

Apa jadinya bila sebuah keluarga ditinggal pergi oleh kepala rumah tangga untuk selamanya? Yang pasti keluarga tersebut akan mengalami kesulitan. Namun, kesulitan tersebut bisa diminimalisir dengan perlindungan yang tepat. Salah satu perlindungan yang harus dimiliki adalah asuransi jiwa.

Dengan memiliki asuraqnsi jiwa, seorang kepala keluarga sebenarnya sedang melindungi masa depan keluarganya dari risiko kematian. Sebab, produk keuangan satu ini akan memberikan sejumlah uanga pertanggungan pada anggota keluarga yang ditinggalkan.

Asuransi kesehatan

Ayah yang bertanggungjawab adalah ayah yang sehat. Tidak mungkin seorang ayah yang sakit-sakitan dapat menjaga dan melindungi keluarganya. Semakin sehat seorang ayah, semakin minim pula sebuah keluarga mengalami risiko kesulitan keuangan. Oleh karena itu, kesehatan adalah investasi yang wajib dimiliki seorang ayah.

Bila Anda seorang ayah, sudah jadi kewajiban untuk menajalani gaya hidup sehat dengan berolahraga teratur dan mengontrol makanan. Untuk melindungi keluarga, pastikan juyga ayah memiliki asuransi kesehatan. Dengan produk keuangan satu ini, seorang ayah dapat menghindarkan kemungkinan buruk yang diakibatkan oleh sakitnya anggota keluarga atau bahkan kepala keluarga itu sendiri. (Baca juga: Mau S2 Nggak Punya Biaya dan Gagal Beasiswa? Ini Solusinya!)

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section