1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Begini Trik Cerdas Agar Pengeluaran Rumah Tangga Tak Jebol

Mungkin saja Anda merasa sudah membuat anggaran belanja rumah tangga dengan baik dan penuh perhitungan. Namun, seringkali pengeluaran membengkak.

By Dwifantya Aquina 28 Juli 2017 09:42
Ilustrasi berbelanja (crytekinsutries.com)

Money.id -  

Wanita memang seringkali memiliki peran ganda, mengurus rumah tangga sekaligus berkarier atau berbisnis. Apabila bicara mengenai wanita, salah satu kata yang berkaitan erat dengannya adalah belanja. Selain belanja untuk keperluan rumah tangga, wanita juga kerap belanja untuk menyenangkan dirinya sendiri. 

Jika Anda seorang wanita, mungkin saja Anda merasa sudah membuat anggaran belanja rumah tangga dengan baik dan penuh perhitungan. Namun, tak jarang apa yang Anda keluarkan melebihi jumlah yang tertera dalam anggaran. Dengan kata lain, pengeluaran tetap membengkak. 

Nah, agar pengeluaran tetap terkendali, CekAja.com memberikan kiatnya sebagai berikut. 

Rencanakan sebelum belanja

Perkirakan kebutuhan keluarga Anda lalu buatlah rencana belanja, catat di kertas atau smartphone. Jika Anda sudah memiliki catatan, kegiatan belanja akan lebih terarah dan hemat waktu. Hal ini juga akan meminimalisir kemungkinan untuk membeli sesuatu yang tidak penting.    

Jangan membeli stok bahan makanan terlalu banyak

Jangan sampai kalap ketika belanja bahan makanan. Misalnya, ketika melihat warna wortel yang oranye cerah, Anda tergiur untuk memborongnya hingga satu kilo. Melihat warna kangkung hijau segar, langsung memborong beberapa ikat. Sayang sekali jika sayuran yang sudah Anda beli terbuang karena busuk atau layu. Tetaplah berpatokan pada rencana belanja Anda.

Memasak sendiri

Memasak jauh lebih hemat daripada membeli makanan jadi. Jika Anda tak pandai memasak, belajarlah dari sekarang, karena kemampuan tersebut pasti berguna.

Jangan malas ke pasar tradisional

Bagi sebagian orang, pasar tradisional mungkin tak senyaman pasar swalayan. Padahal belanja di pasar tradisional jauh lebih hemat dan biasanya kesegarannya lebih terjamin. Anda juga bisa menawar harga.

Membeli produk milik toko swalayan

Jika Anda lebih senang belanja di pasar swalayan, cermatlah dalam memilih produk. Swalayan kerap menyediakan produk dengan label mereka sendiri seperti gula, tisu, hingga minyak. Harga produk semacam itu kerap lebih murah daripada mereka lainnya.

Manfaatkan promo atau diskon tertentu

Trik lain untuk belanja di pasar swalayan adalah dengan memeriksa brosur promo yang ada. Anda bisa berhemat jika membeli produk yang sedang promo atau diskon. Dengan catatan, produk yang Anda beli adalah produk yang benar-benar Anda butuhkan.

Tak ada salahnya juga belanja menggunakan kartu kredit tertentu yang memberikan diskon. Bank kerap menjalin kerja sama dengan pasar swalayan untuk membuat kartu kredit yang memberikan banyak keuntungan saat belanja.

Kreatif

Jika Anda kreatif, kecil kemungkinan membuang bahan makanan yang tersisa. Anda harus pandai mengolah berbagai jenis masakan dari satu jenis bahan.

Hentikan kebiasaan membuang makanan sisa

Membuang makanan sisa baik itu hasil masakan Anda sendiri atau makanan yang Anda beli, sama saja seperti membuang uang. Coba ingat-ingat, seberapa sering Anda membuang makanan sisa? Jika jawabannya hampir setiap hari, Anda harus mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan tersebut.

 

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section