1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Jas dan Tuxedo Tak Sama? Ternyata Ini Perbedaannya

Banyak orang awam yang biasa menyebut jas dan tuxedo dengan sebutan yang sama yakni jas.

By Dian Rosalina 3 November 2016 13:10
Perbedaan Tuxedo dan Jas (brilio)

Money.id - Bagi Anda para pria, pernahkah Anda mengenakan setelan jas atau tuxedo sebelumnya? Sebagian dari Anda pasti pernah mengenakan jas atau tuxedo pada saat menghadiri acara resmi atau pergi ke kantor.

Banyak orang awam yang biasa menyebut jas dan tuxedo dengan sebutan yang sama yakni jas. Walau serupa, namun kedua jenis pakaian tersebut memiliki perbedaan loh. Jadi apa sih perbedaannya?

Untuk menjawabnya, ulasan dari Fitline.com, Kamis 3 November 2016, bisa membuat Anda mengerti perbedaan antara jas dan tuxedo. Mulai dari tujuan penggunaannya, detail, aksesori tambahan, dan bahan pembuatannya.

Tuxedo Lebih Resmi dari Jas

Untuk segi penggunaannya ternyata tuxedo hanya boleh digunakan pada acara-acara lebih resmi seperti gala dinner pesta, atau momen pernikahan. Sementara jas merupakan pakaian resmi berlengan panjang yang biasa digunakan untuk menghadiri acara resmi atau acara kenegaraan.

Bentuk Kerah Berbeda

Bentuk kerah atau lapel jas yang paling sering digunakan adalah notched-lapel. Sedangkan tuxedo berbentuk shawl atau melengkung dan biasa dibuat terpisah secara khusus yang terbuat dari bahan satin mengkilap.

Tuxedo Lebih Cocok dengan Aksesori yang Unik

Dasi merupakan aksesori yang wajib dikenakan pada jas atau tuxedo. Namun yang membuatnya berbeda adalah dari segi bentuk. Dasi yang sederhana berbentu segitiga lebih cocok untuk jas, sedangkan untuk tuxedo lebih baik Anda menggunakan dasi kupu-kupu. Anda juga bisa menambahkan vest saat mengenakan tuxedo.

Harga Tuxedo Lebih Mahal

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat tuxedo sangat berbeda dengan bahan jas. Tuxedo dirancang menggunakan bahan berkualitas tinggi sehingga harganya cenderung lebih mahal dibandingkan jas. Sedangkan bahan untuk membuat jas kurang lebih sama dengan bahan celana dan warna yang sama. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section