1. HOME
  2. FINANCE
HIDUP HEMAT

Usai Gajian, Hindari Lima Keinginan untuk Boros Ini

Agar tidak terjebak dalam keinginan untuk boros, lebih baik menghindarinya. Berikut ini bisikan keinginan yang sering jadi alasan Anda boros.

By Dian Rosalina 3 Agustus 2016 18:33
Ilustrasi Boros

Money.id - Setelah mendapat gaji, tentu keinginan berbelanja atau membeli barang-barang yang Anda inginkan semakin besar. Bisikan-bisikan seperti itulah yang pada akhirnya akan membuat Anda terjatuh setiap akhir bulan.

Agar tidak terjebak dalam keinginan Anda untuk boros, sebaiknya harus dilawan. Dilansir dari Cermati.com, Kamis 4 Agustus 2016, berikut ini adalah bisikan yang mengajak Anda untuk boros yang harus dihindari.

'Banyak Diskon'

Banyak bentuk keinginan yang selalu datang menghampiri Anda. Misalnya 'harganya sangat murah' atau 'hanya Rp100 ribu' atau penawaran lainnya yang menggiurkan. Hal-hal tersebut tanpa Anda sadari bisa mempengaruhi Anda kepada pemborosan.

Memang butuh hati yang kuat untuk bisa menahan godaan tersebut. Tapi harus terus dilatih untuk mengabaikan tawaran tersebut agar Anda bisa belajar mana yang ANda butuhkan, dan mana yang tidak.

'Sudah Bekerja Keras'

Kita semua memang bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Semua orang bekerja untuk mendapatkan uang, tapi bukan berarti Anda harus menggunakan semua uang hasil kerja keras Anda untuk menikmati hidup saja. Padahal kenyatannya pendapatan ANda tidak secara otomatis bertambah dengan proposional yang sesuai dengan kerja keras yang Anda lakukan.

'Saya akan Mendapat Bonus'

Bisikan semacam ini memang menggiurkan. Hampir semua orang pasti pernah atau akan mengalaminya. Hal buru dari membelanjakan uang yang belum ada adalah Anda membelanjakan uang uang 'belum' ada. Jadi lebih baik sampai uang tersebut mendarat di rekening Anda, jangan melakukan apapun dulu.

'Orang Lain juga Belanja'

Mungkin sebagian dari Anda memiliki teman yang 'suka latah' atau yang biasanya ikut-ikutan atau mungkin sifat itu ada pada diri Anda sendiri. Hal tersebut berlaku juga ketika seseorang membeli sesuatu dan teman atau Anda ikut-ikut membeli barang itu.

Jangan pernah meremehkan kekuatan dari pengaruh satu sama lain karena hal tersebut bisa mempengaruhi anggaran pengeluaran Anda juga. Anda tidak perlu berbelanja bersama orang lain, karena Anda bisa terpengaruh ketika entah itu teman Anda, rekan kerja, atau siapapun yang ingin membeli hal-hal yang mereka inginkan akan mempengaruhi Anda juga untuk membelinya.

Yang paling penting adalah daftar kebutuhan Anda dan anggaran dana Anda sendiri.

'Tapi Ini Hari yang Penting untuk Saya'

Ya, alasan tersebut tanpa Anda sadari masuk ke dalam daftar yang bisa membuat Anda boros. Acara istimewa seperti pernikahan, ulang tahun kadang membuat Anda berpikir bahwa tidak apa-apa untuk mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak tanpa ada pengiritan.

Memang acara seperti pernikahan adalah acara yang sangat spesial. Akan tetapi kadang keinginan untuk mendapatkan kesempurnaan membuat Anda lupa akan hal-hal yang sebenarnya lebih dibutuhkan. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section