1. HOME
  2. FINANCE
HIDUP HEMAT

Trik Praktis Atasi Hidup Boros

Ada lima cara yang disarankan untuk mengubah hidup boros jadi teratur.

By Rohimat Nurbaya 27 September 2015 15:31
Ilutrasi uang (Foto:Pixabay/WerbeFabrik)

Money.id - Bagi sebagian besar orang, menghemat uang adalah suatu hal yang sulit. Sebab, butuh mengubah kebiasaan dari yang tadinya boros menjadi lebih teliti dalam mengatur segala jenis pengeluaran.

Seperti dikutip ptmoney.com, ada lima cara yang disarankan untuk bisa mengubah kebiasaan hidup boros menjadi lebih teratur.

1. Tidak membuang makanan

Pasti Anda kerap kali dihadapkan dengan beberapa makan seperti sayuran dan buah-buahan di lemari es yang berjamur, kemudian membuangnya. Solusi untuk masalah tersebut, pada hari Minggu atau hari libur ambil kalender dan beberapa buku memasak, kemudian menyiapkan masakan apa saja yang akan dimasak untuk satu pekan ke depan.

Setelah itu, pergi ke dapur dan mencari tahu apa yang sudah Anda miliki di dapur. Kemudian buat daftar apa yang dibutuhkan. Lalu, posting daftar menu makan Anda di suatu tempat yang gampang dilihat. Sehingga ketika hendak pergi berbelanja anda bisa membeli sesuai keperluan.

2. Catat rincian kegiatan

Mencatat rincian kegiatan pada kalender memungkinkan Anda untuk merencanakan apa yang akan dilakukan ke depannya. Misalnya, mencatat pemeliharaan rutin rumah dan mobil. Dengan rincian kegiatan selalu tertera pada kalender akan mencegah Anda membeli makan malam atau lainnya yang tidak diperlukan.

Tidak masalah apabila kalender yang digunakan adalah kalender tradisional yang disimpan di dinding. Paling penting adalah bahwa semua peristiwa yang diposting bisa diakses oleh semua anggota keluarga.

3. Cuci pakaian secara teratur

Mungkin Anda pernah sampai beberapa kali mencuci pakaian karena terlalu lama tidak dicuci dan berjamur. Akibatnya kita mengeluarkan uang berlebih untuk detergen. Untuk mengatasi masalah tersebut, solusinya dengan mengumpulkan semua cucian kotor di mesin cuci setiap pagi sebelum bekerja. Kemudian, ketika pulang kerja tinggal memasukan ke dalam pengering. Lalu, setelah makan malam, melipat dan menyimpannya.

Langkah tersebut tidak membutuhkan waktu yang banyak. Tapi biasanya hal itulah yang menyebabkan Anda untuk menundanya. Jadi, karena hal tersebut mudah, mengapa tidak diterapkan dengan baik dalam kehidupan Anda.

Setelah beberapa minggu melakukan hal itu, Anda tidak akan menemukan cucian kotor dan Anda tidak akan buang waktu di pagi hari untuk mencari kemeja bersih, atau membuang banyak detergen.

4. Sedia makanan ringan di dapur

Kebanyakan di dapur berisi kotak makanan ringan campuran dan kaleng kosong. Dapur yang tidak teratur membuat Anda rentan membeli makanan double. Biasanya malah membeli camilan yang sama dari luar.

Menyimpan makanan ringan di dapur itu sangat penting sebab, apabila ada anggota keluarga yang tahu mereka akan pulang terlambat dari sekolah atau akan keluar sepanjang hari bisa membawa camilan supaya menghindari menghabiskan uang di cafe atau warung yang harganya lebih mahal.

5. Pengorganisasian dokumen

Munculnya pembayaran secara online bisa saja menimbulkan permasalahan baru, terkadang banyak yang lupa untuk melakukan pembayaran tepat waktu sehingga menimbulkan tagihan keterlambatan.

Sebagian besar rumah tangga Amerika Serikat masih menerima sekitar 41 pon atau sekitar 18 kilogram surat per tahun. Sebagian besar disimpan di meja dapur. Di antara banyak surat penting tersebut Anda benar-benar tidak ingin kehilangan.

David Allen, penulis buku Getting Things Done menyarankan beberapa hal ketika kertas datang ke rumah Anda, cara yang baik adalah menempatkan mesin penghancur kertas dan tempat sampah dekat pintu. Kemudian memilih mana kertas yang penting dan tidak penting. Kemudian memiliki satu di kotak di meja Anda untuk mengurus hal-hal yang memerlukan tindakan lebih lanjut, seperti membayar tagihan.

Melakukan hal tersebut membutuhkan kedisiplinan. Mengubah kebiasaan memang proses yang sulit tapi apabila bisa menangani kebiasaan buruk akan membuat perbedaan besar, baik untuk tingkat stres dan keuangan. (ita)

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section