1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS

Bersepeda ke Kantor, Blogger Ini Hemat Puluh Juta Rupiah

Ricky Willis bisa menghemat hingga 3.400 poundsterling atau sekitar Rp74 juta setiap tahun.

By Rohimat Nurbaya 27 September 2015 13:00
Ilutrasi bersepeda ke kantor (Foto: Pixabay/Unspalsh)

Money.id - Setiap tahun, para pekerja menghabiskan uang jutaan rupiah untuk biaya transportasi dari rumah ke kantor. Sebenarnya dengan melakukan sebuah perubahan, para pekerja bisa menghemat loh.

Seperti dikutip dari Mirror, seorang blogger di Inggris bernama Ricky Willis bisa menghemat hingga 3.400 poundsterling atau sekitar Rp74 juta setiap tahun setelah menggunakan sepeda ke kantor.

Bila masih merasa sulit dan belum mempunyai uang untuk membeli sepeda baru, tidak masalah. Ricky Willy memberikan beberapa tips keuangan supaya bisa memulai bersepeda ke kantor.

1. Memperbaiki sepeda lama

Manajer pemasaran toko aksesoris sepeda Cyclescheme yang bernama Laurence Boon mengatakan, "Apabila Anda mempunyai sepeda tua tak terpakai di gudang, mengapa tidak diperbaiki. Misalnya dengan memasang roda yang baru". Menurutnya, banyak ahli sepeda mekanik sepeda yang mengerti betul cara memperbaiki sepeda yang sudah tua menjadi bisa dipakai kembali.

2. Sepeda bekas

Bila tidak memiliki cukup uang untuk membeli sepeda baru, Anda bisa mencari sepeda bekas yang harganya lebih murah. Anda bisa mendapatkannya di situs berjualan barang bekas seperti eBay.

3. Kredit sepeda

Bila memang benar bernafsu membeli sepeda baru, Anda bisa membelinya dengan cara kredit atau mencari diskon yang besar. Dengan cara tersebut Anda bisa memotong setiap bulannya dari gaji.

4. Perbaiki sendiri

Memang tidak akan bisa menjadi mekanik sepeda dalam waktu satu malam. Tetapi, secara perlahan Anda bisa belajar untuk memperbaiki sepeda secara bertahap sambil melakukan proses penghematan pengeluaran. Ada banyak sumber di internet yang bisa dijadikan referensi untuk memperbaiki sepeda.

5. Perlengkapan murah

Mondar-mandir di jalan raya memungkinkan untuk selalu memakai perlengkapan bersepeda. Meski demikian, Anda bisa membeli perlengkapan sepeda yang murah misalnya, luminous jackets di bawah 2 poundsterling atau sekitar Rp43 ribu dan helem bersepeda di bawah 7 poundsterling atau sekitar Rp150 ribu. (ita)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section