1. HOME
  2. FINANCE
INDUSTRI KECIL

Produk UMKM Indonesia Ini Tembus Pasar Dunia

Rick Harnest mengalahkan gitar melegenda seperti Gibson, Fender, dan Ibanez.

By Rohimat Nurbaya 21 September 2015 19:06
Pencetus gitar Rick Harnest Doddy Hernanto (Foto: rickhanesguitars.com)

Money.id - Indonesia patut berbangga karena gitar asli buatan Sidoarjo, Jawa Timur sudah diperhitungkan di tingkat dunia. Gitar merek Rick Harnest ternyata diakui oleh industri pembuatan gitar tingkat internasional dan menyabet gelar gitar terbaik dunia pada 2012 lalu.

Salah satu website yang memajang gitar-gitar terbaru berkelas internasional guitar-planet.co.uk, memasukan tiga jenis gitar Rick Harnest ke dalam predikat 'Guitar of The Year 2012'.

Tiga gitar yang berhasil menggeser kedudukan gitar terbaik di dunia tersebut yakni, Rick Hanes Chris Bickley DR Pro (atas), Rick Hanes Avenix (tengah), dan Rick Hanes DR Medium (bawah) dan Artist Signature Category pada gitar Rick Hanes Chris Bickley DR Pro.

Tidak tanggung-tanggung, gitar buatan Tambak Sawah, Waru, Sidoarjo tersebut mengalahkan merek-merek gitar yang sudah melegenda diantaranya, Gibson, Fender, dan Ibanez. Bahkan gitar dengan merek Fender, sudah lama dipakai oleh banyak musisi dunia sejak era Jimi Hendrix yang saat ini sudah dianggap sebagai 'dewa gitar' di seantero dunia.

Pabikan gitar Rick Harnest sendiri didirikan pada 2009 oleh Doddy Hernanto. Karyawan yang dipekerjakannya pun hanya 150 orang saja dan pabriknya pun sederhana. Usaha yang dirintis Doddy termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tetapi, meski demikian gitar-gitar merek Rick Harnest tersebut dibuat dengan penuh ketelitian dan perghitungan.

Guna menghasilkan gitar dengan kualitas terbaik, Doddy yang merupakan  guru matematika di sebuah SMA melakukan riset langsung ke Amerika Serikat dan Eropa. Dia meneliti gitar-gitar buatan orang bule tersebut dengan hitungan matematis dan rumus-rumus yang dia pelajari. Kemudian diterapkan dalam gitar Rick Harnest.

Karena pembuatannya secara ekslusif, gitar Rick Harnest tersebut dibandrol dengan harga 1.250 dolar amerika serikat atau sekitar Rp17,4 juta. Harga tersebut sebanding dengan gitar-gitar buatan Eropa dan Amerika Serikat yang sudah banyak digunakan musisi kelas dunia.

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section