1. HOME
  2. FINANCE
INSPIRATORY BISNIS

Cara 'Menyulap' Hobi Jadi Sebuah Bisnis

Pekerjaan atau usaha yang dijalankan sesuai hobi akan memberikan rasa nyaman.

By Rohimat Nurbaya 26 September 2015 14:37
Ilutrasi uang (Foto: Pixabay)

Money.id - Konsultan bisnis, Joyce K Reynold mengatakan pekerjaan atau usaha yang dipilih berdasarkan hobi akan membuat seseorang menjadi lebih nyaman, serta bisa mengekspresikan apa yang ada di dalam hati.

"Itu adalah satu-satunya petunjuk untuk mengetahui keinginan dan ketertarikan seseroang," kata Joyce seperti dikutip Forbes.com.

Menurutnya dalam melakukan sebuah pekerjaan atau bisnis pasti ada suka dan duka. Tetapi apabila melakukan pekerjaan dengan senang hati pasti akan rela melakukannya meski tanpa mendapatkan imbalan yang setimpal.

Berikut lima cara untuk menjadikan hobi menjadi sebuah pekerjaan atau bisnis yang bisa menghasilkan uang.

1. Mengajar bidang yang dicintai.

Beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya dengan mengajar piano, membuka les memasak, atau mengajar les bahasa. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara bekerja di tempat orang lain, membuka usaha sendiri atau hanya sekadar memberikan seminar.

2. Menjual cendera mata yang berkaitan dengan hobi.

Menjual cendera mata atau kerajinan tangan yang sesuai dengan hobi bisa menjadi salah satu usaha yang memotivasi untuk terus berkarya.

Misalnya seorang pencinta wine bisa saja membuka usaha penjualan gelas wine yang sengaja didatangkan dari negara lain. Atau menciptakan tempat menyimpan wine yang unik hasil karya sendiri.

"Para kolektor biasanya rela mengeluarkan uang banyak untuk barang-barang yang berkaitan dengan hobi mereka," kata konsultan bisnis MyLifestyleCareer.com, Nancy Collamer.

3. Menjadi pembicara terkait hobi Anda.

Sebuah hobi pastinya berhubungan dengan, sejarah, perspektif dan cerita menarik. Hal tersebut bisa menarik perhatian orang lain, karena itu Anda bisa dibayar terkait hal tersebut.

4. Membuat acara terkait hobi yang disukai.

Konsultan bisnis MyLifestyleCareer.com, Nancy Collamer mengatakan salah satu contoh dari poin tersebut misalnya seorang yang hobi bersepada menyelenggarakan wisata berspeda.

"Saya juga tahu ada dari penggemar sepeda yang menjalankan wisata sepeda di California," terangnya.

5. Memperbaiki barang yang disukai.

Suatu barang biasanya mengalami kerusakan, kemudian terkadang barang tersebut perlu diperbaiki oleh seseorang yang memiliki pengetahuan khusus tentang hal tersebut.

"Misalnya Anda hobi komputer atau sepeda. Anda bisa memperbaikinya dengan pengetahuan yang dimiliki. Bahkan lebih baik lagi bisa mencari produk yang tidak biasa dari produk tersebut," kata Konsultan bisnis MyLifestyleCareer.com, Nancy Collamer.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section