1. HOME
  2. FINANCE
REKSA DANA

Begini Cara Sukses Investasi Reksa Dana di Usia Muda

Usia 20-30an merupakan waktu yang tepat untuk melakukan investasi, karena biasanya kita sudah mulai berkerja dan memiliki tujuan.

By Desy Afrianti 1 Agustus 2016 10:01
Ilustrasi reksa dana/andri.id

Money.id - Siapapun ingin memiliki kehidupan yang lebih mapan dan nyaman di masa depan. Namun, mewujudkannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu melakukan berbagai persiapan, terutama yang berkaitan dengan pengaturan keuangan. Salah satu cara mengatur keuangan adalah dengan berinvestasi sejak usia muda.

Seperti menabung, investasi atau menanamkan modal pada aset-aset tertentu perlu dilakukan sejak dini, tidak harus menunggu penghasilan besar atau saat kita berusia matang.

Kita harus belajar menyisihkan dana untuk investasi sejak masih muda meskipun penghasilan yang diterima belum terlalu besar. Sebab, bila memulai saat usia muda, kita tentu masih memiliki banyak waktu untuk mengumpulkan uang dan berkembang lebih besar dengan investasi.

Usia 20-30an merupakan waktu yang tepat untuk melakukan investasi, karena biasanya kita sudah mulai berkerja dan memiliki tujuan hidup. Contoh tujuan dan alasan investasi seperti menikah, memiliki rumah, atau kendaraan. Oleh karena itu, wajar usia ini perlu mulai mengatur keuangan dan berinvestasi.

Bagaimana bisa berinvestasi dengan modal kecil selalu menjadi pertanyaan. Padahal, sangat mungkin berinvestasi dengan modal minim, karena saat ini sudah tersedia instrumen investasi seperti reksa dana yang hanya membutuhkan modal awal Rp100 ribu.

Dalam berinvestasi, ada hal yang perlu diperhatikan, yakni seluk-beluk investasi yang didambakan. Kita sebagai investor harus memahami jenis investasi dan alokasi dana. Hal lain yang tidak kalah penting adalah memilih jenis investasi yang sesuai dengan usia karena mempengaruhi tujuan investasi, alokasi, dan profil risiko masing-masing individu. Orang yang berusia 20-an tentu memiliki pola pikir dan prioritas yang berbeda dengan orang yang berusia 30-an.

Apa saja perbedaan karakteristik dan bagaimana alokasi dana investasi usia 20-30an? Baca ulasannya di sini.

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section