1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Toilet Umum Termahal di Dunia Ini Dihargai Rp19 Miliar

'Mantan' toilet itu sempat diubah jadi klub malam. Kemudian...

By Azalia Amadea 30 Januari 2016 20:06
Ilustrasi dijualnya klub malam di London (Foto: cnn.com)

Money.id - Toilet umum yang terletak di suatu ruang bawah tanah kecil di Kota London, menjadi toilet termahal di dunia setelah terjual seharga Rp19 miliar. Lokasinya berada di distrik Spitalfields yang terletak di wilayah timur kota London, Inggris.

Foto: friynds.com

Dilansir laman CNN, Sabtu 30 Januari 2016, tempat tersebut memang dulunya merupakan bekas toilet umum yang kemudian disulap menjadi klub malam. Namun klub malam tersebut ditutup gara-gara banyak warga yang protes. Warga keberatan dengan kerasnya suara musik dan mengganggu jam tidur mereka.

Saat ini, klub yang merupakan "mantan" toilet umum tersebut telah masuk daftar dalam situs penjualan properti online, milik Clarke dan Lloyds. Klub tersebut memiliki luas kurang lebih 435 kaki dengan kedalaman 600 kaki.

Tempat ini juga pernah bermasalah dengan perizinan dan sempat ditutup pada tahun 2012.

"Klub tersebut merupakan sumber gangguan kami," menurut ketua Komunitas Spitalfields, Matt Piper.

Sekian banyak menuai banyak protes, namun masih ada sebagian orang yang berpandangan positif terhadap adanya klub malam tersebut.

"Begitu banyak kenangan baik di tempat ini, saya mencintai tempat kecil tersebut" tulis pemilik akun Twitter, JackGrooves.

Padahal sebelumnya bar tersebut telah mendapatkan penghargaan oleh situs Clapham, dalam acara Restaurant and Desain Bar Awards 2015. (dhi)

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section