1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Mau Bahagia? Hargailah Waktu Dibanding Uang

Para peneliti menyebutkan menghargai waktu daripada uang bisa mempengaruhi kesejahteraan individu secara keseluruhan.

By Adhi 30 Januari 2016 13:05
Ilustrasi (wanderlustworker.com)

Money.id - Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh Society of Personality and Social Psychology, orang-orang yang lebih menghargai waktu daripada uang cenderung lebih bahagia.

Peneliti dari University of British Columbia melakukan survei terhadap lebih dari 4.600 orang di Vancouver, Amerika Serikat. Hasilnya, separuh lebih responden menghargai waktu daripada uang mereka. Dan rata-rata orang-orang yang menghargai waktu dilaporkan merasakan kebahagiaan yang lebih tinggi daripada mereka yang menghargai uang.

"Bayangkan jika dunia terdiri dari kelompok yang menghargai waktu dan uang. Kita akan melihat kelompok pertama sedikit lebih bahagia daripada kelompok kedua, karena kelompok pertama membuat keputusan sehari-hari yang memprioritaskan waktu daripada uang," ungkap Ashley Whillans penulis utama studi tersebut, seperti yang dikuti dari laman Huffington Post.

Dalam penelitian ini, faktanya pendapatan dan jenis kelamin peserta tidak mempengaruhi jawaban mereka. 

Dari penelitian ini, Whillans juga berharap orang-orang lebih mau mengorbankan uang mereka hanya jika bisa memberikan kebahagiaan dalam jangka panjang.

"Memiliki lebih banyak waktu luang mungkin lebih penting daripada memiliki lebih banyak uang. Bahkan, menyisihkan sedikit waktu saat gajian untuk menjadi relawan mungkin memiliki lebih banyak untungnya untuk membuat Anda merasa lebih bahagia," papar Whillans. (ita)

 

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section