1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS

Lima Alasan Kenapa Wanita Lebih Sukses Jadi Pengusaha

Wanita unggul dalam perencanaan jangka panjang dan ambisius.

By Dwifantya Aquina 12 Oktober 2015 08:43
Wanita bekerja (Pixabay)

Money.id - Sejumlah penelitian di berbagai negara maju sampai pada kesimpulan yang sama, yakni peran pria mengelola perusahaan lebih besar dari wanita. Hal itu amat disayangkan karena ada penelitian membuktikan bahwa sesungguhnya wanita adalah pengusaha yang lebih baik daripada pria.

Penelitian terbaru, yang diterbitkan oleh Centre of Entrepreneurs dengan dukungan Barclays Bank, memberikan lebih banyak lagi alasan bahwa peran wanita sebagai pengusaha lebih baik dibanding pria.

Dilansir Forbes, Sarah Fink, kepala penelitian Centre of Entrepreneurs, mengatakan bahwa jika pembuat kebijakan berharap usahanya dapat bertahan dalam jangka waktu panjang, maka usaha mereka harus memprioritaskan pengusaha perempuan.

"Pengusaha perempuan lebih bisa mengendalikan pekerjaan, pertumbuhan yang menguntungkan karena relatif memiliki sedikit minat untuk hanya memposisikan diri demi keuntungan. Mereka biasanya lebih memilih untuk berinvestasi kembali untuk keuntungan bisnis berkelanjutan," ujar Fink.

Centre of Entrepreneurs menunjukkan setidaknya lima alasan mengapa pengusaha wanita lebih baik dari pria:

Wanita adalah pengambil risiko yang bijaksana
Baik pria maupun wanita dengan track record kewirausahaan mengatakan mereka siap untuk mengambil risiko sesuai dengan riset Centre of Entrepreneurs. Tapi wanita memiliki 87 persen kemampuan melihat diri mereka sebagai pengambil risiko keuangan, dibandingkan dengan pria yang hanya 73 persen.

Sementara 80 persen wanita mengatakan mereka cenderung melihat peluang dimana orang lain melihat hal itu sebagai risiko, dibandingkan dengan laki-laki yang hanya 67 persen. Wanita juga lebih cekatan melakukan pendekatan bisnis dengan penilaian yang realistis dari bahaya di masa mendatang.

Wanita tidak over confidence
Hanya 42 persen pengusaha wanita yang mengatakan bisnis mereka saat ini sedang berada di puncak kesuksesan, sementara 62 persen pemimpin pria menggambarkan kinerja mereka baik.

Ini bukan karena pengusaha wanita melakukan pekerjaan kurang baik daripada pria. Tapi pada kenyataannya, analisis bisnis yang dipimpin oleh pengusaha pria dan wanita masing-masing mengungkapkan bahwa pengusaha wanita benar-benar melakukan lebih kuat.

Wanita lebih ambisius
Lebih dari dua-pertiga dari wanita saat ini tertarik untuk memulai bisnis mereka sendiri dalam tiga tahun ke depan. Centre of Entrepreneurs mengungkapkan, pria lebih sedikit persentasenya, yakni kurang dari sepertiganya.

Dan, berdasarkan pengakuan kalangan pengusaha sudah menjalankan bisnis mereka sendiri, 47 persen wanita tertarik untuk memulai bisnis lain dalam tiga tahun ke depan dibandingkan dengan pria yang hanya 18 persen.

Wanita punya perencanaan jangka panjang
Jumlah pengusaha pria dan wanita yang mengatakan mereka tertarik mengembangkan bisnis selama lima tahun ke depan hampir sama, yakni 82 persen dan 83 persen. Namun, pria dan wanita memiliki pandangan yang berbeda.

Penelitian menunjukkan wanita lebih mungkin untuk menginvestasikan kembali keuntungan bisnis untuk menghasilkan pertumbuhan yang stabil dan menguntungkan, sedangkan pria lebih mungkin untuk mencari pertumbuhan yang lebih cepat, yang didorong oleh investasi ekuitas, dan keluar lebih cepat.

Wanita sukses menghadapi hambatan lebih baik dari pria
Pengusaha wanita harus bekerja lebih keras daripada pria untuk berhasil dalam bisnis. Satu dari lima wanita mengatakan, mereka tidak memiliki pengetahuan teknis yang diperlukan untuk bisnis. Seperempat wanita mengatakan mereka tidak memiliki jaringan yang diperlukan untuk membangun bisnis, sementara kurang dari satu dari 10 orang mengatakan ini adalah masalah.

Tapi masalah berhasil diatasi wanita, menurut penelitian Centre of Entrepreneurs pengusaha wanita mampu membawa pulang dua kali lipat gaji pria. (ita)

(im/da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section