1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Ingin Permohonan KPR Disetujui Bank, Baca Tips Ini

Pemohon harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan oleh pihak bank.

By Desy Afrianti 14 Januari 2016 13:01
Ilustrasi rumah sedang dibangun (Dwi Narwoko/Money.id)

Money.id - Tidak sedikit orang masih bingung bagaimana cara mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR). Ada beberapa hal yang harus pemohon pikirkan sebelum membeli rumah lewat proses KPR.

Untuk memudahkan Anda, berikut tips agar permohonan KPR disetujui.

Perencana Keuangan PT Mitra Rencana Edukasi Sari Insaniwati mengatakan, pemohon harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan oleh pihak bank.

Pemohon harus memiliki penghasilan baik selama tiga bulan terakhir, agar pihak bank memastikan bahwa pemohon mampu membayar angsuran, tidak berhenti di tengah jalan.

"Tips yang pertama, pemohon harus sudah memiliki penghasilan tetap dan mampu mengajukan KPR. Lalu persiapkan diri sedini mungkin agar tidak ada tunggakan," ucap Sari kepada Money.id Rabu 13 Januari 2016.

Sari menambahkan, pemohon kredit juga harus memiliki catatan keamanan yang baik dan tidak blacklist. Pemohon tidak boleh mempunyai tunggakan ke tempat lain, seperti kredit mobil macet dan tidak melunasinya.

"Tips selanjutnya, dia harus membayar semua utang kredit atau tunggakan lain yang dimiliki. Pemohon pun tetap bisa mengangsur mobil dan rumah secara bersamaan, tetapi tidak boleh melebihi 30 persen gaji pemohon," tutur dia.

Sari menjelaskan, minimal uang muka yang harus disiapkan 30 persen dari harga rumah. Pemohon juga harus menyiapkan dokumen seperti KTP, KK, dan slip gaji atau data penghasilan tiga bulan terakhir.

"Tips berikutnya, pemohon harus menyediakan uang muka terlebih dahulu baru menyiapkan dokumen yang diminta oleh pihak bank supaya ke depannya tidak kerepotan," ujarnya.

Sari menuturkan, banyak orang yang bergaji kecil dan tidak berani untuk mengajukan KPR ke bank. Jangan sampai setelah mengajukan, pemohon tidak mampu mencicil.

"Tips terakhir, lebih baik perpanjang masa kredit atau tenor ke bank. Bank menyediakan tenor maksimal 30 tahun dan minimal satu tahun," ujar Sari. (poy)

(Laporan: Abdul Kharis)

 

 

 

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section