1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Lima Cara Terbebas dari Utang

Berdasarkan penelitian dari The Urban Institute sebanyak 35 persen dari orang dewasa Amerika memiliki utang.

By Rohimat Nurbaya 10 Januari 2016 12:45
Ilustrasi terbebas dari utang (cheatsheet.com)

Money.id - Hidup terbebas dari utang bukan perkara mudah. Tetapi ada banyak metode supaya tidak memiliki utang, paling penting adalah memiliki sistem keuangan baik dan mengenali kelemahan sendiri.

Dikutip dari cheatsheet.com Minggu 10 Januari 2016, berdasarkan penelitian dari The Urban Institute sebanyak 35 persen dari orang dewasa Amerika memiliki utang.

Dari jumlah tersebut ada yang memiliki utang cicilan rumah, kartu kredit, tagihan medis atau tagihan fasilitas seperti listrik atau telepon.

Ada lima cara untuk bisa benar-benar menghindari utang. Tetapi hal tersebut membutuhkan komitmen kuat untuk menjalaninya.

1. Penghematan besar

Memiliki tabungan cukup besar memang sulit. Tetapi ada cara hebat keluar dari utang, salah satunya yang harus dilakukan adalah berpikiran tabungan hanya dipersiapkan untuk keperluan tak terduga.

Dengan cara ini, ketika tagihan medis tidak akan keteteran dan bisa membayar secara tunai. Tabungan juga sangat penting untuk biaya jangka panjang seperti pendidikan anak atau membeli rumah baru.

2. Transaksi kartu kredit

Kartu kredit memang membuat pembayaran lebih mudah, namun dalam penggunaan harus bijak. Sebaiknya digunakan apabila sedang bepergian saja.

Apabila terpaksa harus menggunakan kartu kredit, lebih baik langusng membayarnya pada hari yang sama, jangan sampai menunggu tagihan bulanan datang.

3. Beli mobil bekas

Kebanyakan kelas menengah Amerika tidak mampu untuk membeli mobil baru secara tunai, dengan begitu banyak memilih kredit. Sebaiknya hal itu dihindari.

Ada banyak mobil bekas yang handal di pasar mobil bekas. Memang ada risiko ketika membeli mobil bekas, tetapi ketika membeli mobil baru ada risiko dari salesman licik yang melakukan upsell.

Namun, transportasi umum dapat menjadi pilihan terjangkau juga, tetapi itu tergantung lokasi tempat tinggal Anda, apabila di daerah pedesaan mobil sangat membantu dan jadi keharusan.

4. Sewa

Menyewa memang dianggap seperti mimpi buruk untuk beberapa orang. Tetapi apabila Anda berkomitmen untuk bebas utang, kredit rumah akan jadi tantangan terbesar Anda.

Menabung untuk membeli rumah sederhana lebih masuk akal untuk kelas menengah Amerika, memang itu memakan waktu lama.

Tetapi dengan menyewa rumah sambil mengumpulkan uang bisa jadi sebuah alternatif untuk terbebas dari utang.

5. Hanya membeli yang dibutuhkan

Pikirkan sebelum Anda membeli itu adalah kuncinya. Anda harus berlatih bersenang-senang tanpa menghabiskan banyak uang.

Anda butuh pedoman ketat supaya bisa menabung dan mencatat anggaran yang dibutuhkan setiap bulannya. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section