1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Bagaimana Mengatur Keuangan Setelah Menikah?

Kehidupan seseorang akan berubah setelah menikah. Salah satu yang berubah adalah keuangan.

By Desy Afrianti 28 Desember 2015 07:30
Ilustrasi uang

Money.id - Kehidupan seseorang akan berubah setelah menikah. Salah satu yang berubah adalah keuangan.

Bila hanya suami yang bekerja, maka keuangan menjadi kokoh karena istri bisa berperan sebagai pengatur. Perlu diingat, pemasukan yang ada akan menjadi sangat bermanfaat bila diatur dengan tepat.

Bila Anda dan pasangan sama-sama bekerja dan memiliki pendapatan, maka keuangan semakin kuat dengan adanya dua pemasukan setiap bulan.

Pembicaraan pengaturan keuangan keluarga harus dilakukan secara terbuka antara suami dan istri. Anda berdua perlu membahas tujuan jangka panjang, besarnya kemampuan utang, serta rencana kebutuhan sehari-hari.

Jangan lupakan juga untuk membahas tentang perlindungan untuk Anda berdua lewat asuransi kesehatan.

Pilihan terbaik adalah memakai instrumen asuransi yang selain melindungi kesehatan dan jiwa Anda, juga memberikan manfaat investasi jangka panjang.

Setelah mengidentifikasi berbagai kebutuhan dan rencana masa depan, ada beberapa pilihan cara untuk mengatur gaji setelah menikah seperti diambil dari bca.co.id:

Pembagian pendapatan sama rata
Anda dan pasangan ‘menyumbang’ jumlah yang yang sama untuk membayar biaya rumah tangga.

Uang yang tersisa dari pendapatan masing-masing bebas digunakan untuk kepentingan dan kebutuhan pribadi lainnya. Keuntungannya adalah tiap orang masih memiliki uang pribadi.

Tetapi metode ini bisa menimbulkan kecemburuan, karena pasangan dengan pemasukan yang lebih besar akan memiliki sisa uang pribadi yang lebih besar pula.

Pembagian pendapatan proporsional
Jumlah yang dikumpulkan Anda dan pasangan tergantung dari jumlah pendapatan masing-masing.

Jadi, pasangan dengan pendapatan lebih besar punya presentase ‘menyumbang’ lebih besar untuk membayar biaya rumah tangga. Metode ini masih bisa menimbulkan kecemburuan karena perbedaan sisa uang pribadi masih bisa terjadi.

Pengumpulan pendapatan dalam satu rekening
Metode ini mengumpulkan pendapatan Anda dan pasangan Anda di satu rekening, lalu digunakan bersama untuk membayar kebutuhan rumah tangga. Setiap pemakaian uang dalam rekening ini harus disepakati bersama.

Dengan metode ini, Anda dan pasangan memiliki hak yang sama atas penggunaan pendapatan yang tersisa.

Metode ini akan lebih bermanfaat jika instrumen tabungan dilengkapi dengan berbagai kemudahan transaksi.

Metode mana yang akan Anda pilih? Apapun pilihannya, rasa saling percaya dengan pasangan tetap menjadi kunci utama agar metode yang dipilih berjalan dengan baik.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section