1. HOME
  2. FINANCE
TOKO ONLINE

Cara Cermat Berbelanja Online

Ada beberapa hal perlu diperhatikan ketika bebelanja secara online.

By Rohimat Nurbaya 26 Desember 2015 07:28
Ilustrasi belanja online (armitage.com.hk)

Money.id - Belanja online saat ini sedang tenar di Indonesia. Cara belanja melalui internet itu paling banyak disukai kaum hawa, pasalnya diangap lebih mudah dan tidak perlu repot peri ke mall atau pasar.

Dikiutip dari website Prita Hapsari Ghozie, seorang Financial & Business Planner, namun ada beberapa hal perlu diperhatikan ketika bebelanja secara online. Berikut tipsnya.

1. Kenali biaya belanja online

Pahami bahwa ada harga dasar produk, biaya pengiriman, denda keterlambatan pembayaran, biaya asuransi pengiriman, dan biaya pajak. Bandingkan harga total yang harus dibayar untuk barang serupa (terutama beauty products atau imported foods) dari beberapa toko online.

2. Kenali identitas toko online

Pastikan toko online terpercaya. Kenali identitas toko online tersebut. Biasanya, paling banyak dipilih yang sudah banyak testimoni dari pembeli atau pun ada #trustedseller.

Toko online terpercaya akan memberikan informasi alamat lengkap serta informasi lain seperti nomor telepon serta rekening bank.

3. Belanja secara kolektif

Seringkali, toko online memberikan harga khusus untuk pembelian dalam jumlah banyak. Apabila demikian coba cari teman atau saudara yang ingin belanja barang yang sama.

Selain lebih murah, kita juga bisa berhemat biaya pengiriman. Karena lokasi tujuan pengiriman hanya satu.

4. Pilih alamat toko online yang dekat dengan tempat tinggal

Untuk dapat menghemat biaya pengiriman barang, sebaiknya pilih toko online yang dekat dengan lokasi tempat tinggal kita. Misalnya tinggal di Bandung, maka sebaiknya membeli barang dari toko online masih berdomisili di Bandung.

5. Metode transaksi

Sebaiknya menggunakan kartu kredit untuk transaksi belanja online. Pasalnya, apabila terjadi perbedaan transaksi, akan lebih mudah mengurusnya ke pihak kartu kredit.

Sebaiknya, hanya gunakan satu kartu kredit (dengan limit sangat terbatas) untuk semua transaksi online. Tujuannya, untuk melimitasi potensi penyalahgunaan informasi kartu kredit.

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section