1. HOME
  2. FINANCE
PERUMAHAN

Deretan Rumah Murah untuk Gaji Rp4 Juta Per Bulan

Bagi orang kerja di Ibu Kota berpenghasilan Rp4 juta per bulan bisa memilih rumah di kawasan penyangga.

By Rohimat Nurbaya 24 Desember 2015 11:00
Ilustrasi Perumahan (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Tetapi untuk mendapatkan rumah dirasa sulit ketika dihadapkan dengan penghasilan pas-pasan.

Meski demikian tentunya pasti ada cara untuk mendapatkan rumah meski penghasilan terbatas.

Misalnya, bagi orang kerja di Ibu Kota berpenghasilan Rp4 juta per bulan bisa memilih rumah di kawasan penyangga seperti, Bogor, Tangeranga dan Bekasi.

Berikut deretan perumahan dan rusunawa dengan harga terjangkau untuk berpenghasilan Rp4 juta.

1. Triraksa Village 2, Tigaraksa

Perumahan ini dikembangkan oleh PT Mitra Usaha Perkasa. Tigaraksa merupakan nama kecamatan di Kabupaten Tangerang, Banten.

Untuk menuju lokasi perumahan Triraksa Village 2, dari Jakarta menggunakan akses tol Jakarta-Merak dan keluar di pintu tol Balaraja Timur/Cikupa/Tigaraksa.

Apabila berangkat dari pusat kota Jakarta, misalnya Bundaran Hotel Indonesia, jarak tol yang harus Anda tempuh adalah sekitar 45 kilometer.

Apabila dengan kendaraan umum untuk menjangkau Triraksa Village 2 dari Jakarta adalah dengan menggunakan bus berukuran sedang bernama 'Bulan Jaya' atau Komara.

Kedua bus ini melintas di depan pertigaan Jalan Raya Tigaraksa ke arah Jalan Aria Jaya Santika.

Dari pertigaan itu, tidak ada angkutan umum yang melintas ke perumahan tersebut. Satu-satunya pilihan dengan menggunakan jasa ojek yang memasan tarif sekitar Rp3.000 hingga Rp5.000.

Ke sana juga bisa diakses dengan commuter line dari Tanah Abang dan turun di stasiun Tenjo. Dari stasiun menuju ke area perumahan harus menggunakan ojek, jaraknya sekitar 10 kilometer.

2. Bumi Citeureup Asri, Bogor

Perumahan ini berada di kawasan Citeureup, Bogor yang dikelola PT. Sumit Jaya Abadi. Satu unit rumah di sana dipatok dengan harga Rp126,5 juta.

Apabila membayar uang muka sebesar 10 persen atau Rp12.650.000, maka cicilan yang harus dibayar tiap bulannya adalah Rp948.750 perbulan selama 10 tahun.

Failitas menarik di perumahan ini adalah water treatment plant. Sistem tersebut difungsikan untuk mengolah air dari Sungai Cileungsi yang kurang bagus, agar mendapatkan kualitas air bersih. Tetapi air itu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, melainkan hanya untuk kegiatan MCK.

3. Apartemen Delta Cakung, Jakarta Timur

Delta Cakung merupakan rusunawa bersubsidi. Satu unit bertipe 21 meter persegi dipatok seharga Rp167juta. Kawasan ini pas untuk yang ingin tinggal di lokasi strategis Jakarta Timur, namun memiliki keterbatasan penghasilan.

Dengan cicilan mulai Rp1 jutaan per bulan plus pilihan tenor 10 sampai 15 tahun, tipe studio sangat terjangkau bagi yang berpenghasilan Rp4 juta.

Rusun ini telah berdiri sejak 2012, sedangkan tiang pancang sendiri dibangun sejak Oktober 2011 hingga serah terima kepemilikan pada Juni 2013.

4. Citra Indah Bukit Ebony, Jonggol

Perumahan ini dikelola pengembang Ciputra Grup, harga rumah terendah ditawarkan adalah tipe 22/72, Rp149,4 juta dengan satu kamar tidur dan satu kamar mandi.

Apabila memilih cicilan tenor 10 tahun, maka pengeluaran yang harus sisihkan adalah Rp1.121.175 tiap bulannya.

Tipe ini sangat cocok bagi yang memiliki gaji pas-pasan. Fasilitas menarik berada di area perumahan seperti waterpark, angkutan kawasan, taman bermain, hingga sarana ibadah, tetap bisa dinikmati meski Anda menghuni klaster kelas menengah. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section