1. HOME
  2. FINANCE
VIDEO

VIDEO: Industri Pemakaman Menjamur di Jepang

Salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jepang, Aeon, menyediakan konsultasi bagaimana menulis surat wasiat legal hingga mencoba peti mati.

By Febriyani 23 Desember 2015 16:45
Industri pemakaman menjamur di Jepang (youtube.com/NTDIndonesian)

Money.id - Tak ada yang tahu dengan panjangnya umur seseorang. Hidup dan mati adalah takdir Tuhan. Ketika ajal menghampiri seseorang, tibalah saatnya kerabat atau keluarga terdekatnya yang mengurus pemakaman orang tersebut. Namun berbeda dengan di Jepang, kaum manula di sana mulai mempersiapkan kuburan dan pemakaman mereka sebelum meninggal.

Tak hanya itu, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jepang, Aeon, menyediakan konsultasi bagaimana menulis surat wasiat legal hingga memberi kesempatan mencoba peti mati.

Zaman dahulu, membicarakan pemakaman atau warisan adalah sesuatu yang dilarang dan diyakini bisa mendatangkan kesialan. Namun kini, semakin meningkatnya jumlah populasi, sebagian orang tidak ingin menyulitkan orang-orang yang ditinggalkan.

Industri pemakaman lainnya yang ada di Jepang adalah Ruriden, yakni tempat pemakaman di pusat kota Tokyo, di mana ribuan patung Buddha kecil dihiasi oleh lampu LED warna-warni.

 

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section