1. HOME
  2. FINANCE
BANK

Mengenal Cara Pembayaran Virtual dengan Mandiri e-Cash dan e-Money

Dengan layanan itu memungkinkan pemegangnya melakukan transaksi perbankan tanpa harus membuka rekening Mandiri.

By Rohimat Nurbaya 22 Desember 2015 19:00
Ilustrasi Pembayaran Elektronik (Merdeka.com)

Money.id - Bank selalu mengembangkan layanan untuk para nasabahnya. Saat ini sedang tenar layanan pembayaraan secara elektronik, termasuk dua layanan ditawarkan Bank Mandiri yakni e-Cash dan e-Money.

Dikutip dari laman resmi Bank Mandiri, e-Cash adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi aplikasi di smartphone (ponsel pintar) dan layanan sms.

Dengan layanan tersebut memungkinkan pemegangnya untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus melakukan pembukaan rekening ke cabang Bank Mandiri. Mandiri e-Cash memiliki tiga karakter kemudahan yaitu, Gampang Dapat, Gampang Isi, dan Gampang Pakai.

Gampang Dapat adalah, semua pemilik ponsel pintar bisa menjadi pemegang Mandiri e-Cash. Caranya hanya tinggal mengunduh (download) aplikasi Mandiri e-Cash di App Store dan Google Play. Atau bagi pengguna ponsel biasa bisa melakukan akses dengan menekan *141*6#.

Gampang Isi adalah, untuk isi ulang e-Cash dapat dilakukan di mana saja, melalui ATM Mandiri atau SMS Mandiri dengan mengakses *141*6#. Selain itu bisa diakses juga melalui Mandiri Internet, Mandiri Clickpay, toko ritel seperti Alfamart dan Indomares, atau melalui transfer bank lain.

Gampang Pakai adalah, semua kebutuhan bisa dilakukan dengan e-Cash ini, misalnya membeli pulsa telepon atau token PLN, berbelanja di toko online, transfer dan tarik tunai.

Layanan e-Money

Mandiri e-Money berbentuk sebuah kartu terdiri dalam tiga pilihan. Dengan layanan ini semua orang tidak perlu membawa uang tunai dan direpotkan uang kembalian. Dengan kata lain Mandiri e-Money adalah pengganti uang tunai.

Kartu ini dapat dimiliki oleh nasabah maupun non-nasabah Bank Mandiri, serta dapat dipindahtangankan. Kemudian saldo pada kartu tidak diberikan bunga.

Saldo di kartu tersimpan pada chip, sehingga tidak diperlukan tanda tangan dan PIN. Kemudian dapat diisi ulang (top up). Namun maksimal saldo hanya Rp1 juta.

Kartu e-Money juga dapat digunakan untuk pembayaran tagihan rutin khusus di gerai Indomaret seperti, PLN, Telkom, Indovision, First Media, dan Oto Multi Artha dan pembelian kartu perdana.

Selain di cabang Bank Mandiri, kartu e-Money dapatkan di lokasi merchant retail, seperti, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, Circle-K, 7-Eleven, Hypermart. Kartu ini tidak mempunyai masa berlaku sehingga bisa digunakan sampai kapan pun.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section