1. HOME
  2. FINANCE
BANK

Cara Mudah Buat Mobile Banking BCA, Begini Langkahnya

Fasilitas ini bisa digunakan untuk pemegang kartu ATM BCA atau biasa disebut Paspor BCA.

By Rohimat Nurbaya 21 Desember 2015 12:56
Aktivitas pelayanan Bank BCA (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Beberapa bank di Indonesia sudah memfasilitasi cara mudah bertransaksi bagi nasabahnya, salah satunya BCA (Bank Central Asia). Sejak lama bank ini menyediakan layanan mobile banking, namun masih banyak orang belum mengetahui.

Dikutip dari lama resmi Bank BCA, fasilitas ini bisa digunakan untuk pemegang kartu ATM BCA atau biasa disebut Paspor BCA. Nasabah ingin menggunakan layanan ini harus menggunakan smartphone dan terhubung dengan internet.

Kemudian untuk mengakses mobile banking bisa mengunduh aplikasi m-BCA atau membuka laman klikbca.com, operating sistem (OS) yang bisa mengakses aplikasi tersebut adalah, Black Berry, Android, iPhone dan Windows Phone. Transaksi bisa digunakan menggunakan jalur internet GPRS,EDGE,3G dan WIFI.

Sebelum bisa mengkases layanan tersebut tentunya nomor ponsel yang akan diunakan harus diregistrasi terlebih dahulu melalui ATM BCA. Bisa juga datang ke kantor cabang BCA terdekat.

Apabila lebih memilih menggunakan ATM BCA, caranya sangat mudah. Datang ke ATM BCA, kemudian masukan kartu ATM dan masukan PIN seperti biasanya. Pada layar biasanya ada menu Daftar E-Banking/Auto Debet.

Selanjutnya piliuh menu Mobile Banking, setelah muncul persejutuan tekan 'YES' dalam bahasa Inggris atau 'YA' dalam bahasa Indonesia. Kemudian masukkan nomor ponsel yang sudah diinstal aplikasi m-BCA. Masukkan PIN (sebanyak 6 digit). Itu akan jadi PIN Mobile Banking dan masukkan PIN yang sama sekali lagi.

Lalu tunggu beberapa saat dan akan muncul berupa struk nomor urut dan informasi lainnya, simpan struk tersebut sebagai bukti pendaftaran mobile banking.

Aktivasi

Supaya bisa digunakan transaksi, nomor ponsel telah didaftarkan harus diaktivasi. Untuk aktivasi ini bisa dilakukan melalui ponsel atau kantor cabang BCA terdekat.

Bila memilih melakukan melalui ponsel begini caranya, pilih menu m-BCA di ponsel anda, untuk pengguna kartu Telkomsel biasanya berada dimenu Tsel Menu kemudian pilih m-BCA. Lalu pilih menu m-Admin kemudian tekan OK atau YES.

Selanjutnya pilih aktivasi, tekan OK/YES. Setelah tampil notifikasi persetujuan, tekan OK/YES sebagai tanda persetujuan. Lalu masukkan nomor kartu ATM BCA yang digunakan untuk registrasi m-BCA yang tertera di kartu ATM BCA.

Setelah itu, masukkan PIN m-BCA, tekan OK/YES. Setelah beberapa saat akan menerima pesan di layar ponsel 'Selamat datang di Layanan m-BCA. Dengan dilakukan aktivasi tersebut nasabah sudah dapat melakukan transaksi m-BCA untuk menu m-Payment, m-Info, dan m-Admin.

Tetapi untuk untuk mengaktifkan layanan m-Transfer dan m-Commerce, nasabah harus datang langsung ke cabang BCA terdekat. Kelengkapan dibutuhkan adalah, Buku Tahapan, kartu ATM/Tapres/BCA Dollar yang terhubung dengan faslititas m-BCA kartu identitas (KTP atau SIM).

Kemudian untuk pemegang rekening Giro harus membawa Kartu Tanda Pengenal Nasabah Giro (KTPN) dan kartu Paspor BCA/BCA Dollar yang terhubung dengan fasiitas m-BCA. Setelah semuanya selesai, anda bisa langsung melakukan transaksi melalui menu m-BCA di ponsel anda.

Selamat mencoba!

Suka Artikel Ini? Klik Like

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section