1. HOME
  2. FINANCE
ORANG TERKAYA

7 Hal Penting yang Harus Dilakukan Agar Cepat Kaya

Jangan sekali-kali punya kartu kredit kalau tidak mampu membayar tagihannya.

By Dwifantya Aquina 20 Desember 2015 07:31
Ilustrasi orang kaya (YouTube)

Money.id - Bagi sebagian orang, menabung merupakan kegiatan positif yang 'sulit' untuk dilakukan. Padahal, pengaturan keuangan yang aman dan bijaksana adalah hal yang penting dilakukan sejak dini.

Untuk mencapainya, Anda hanya memerlukan kebiasaan yang baik dalam mengelola uang. Dengan melakukan perbaikan terhadap kebiasaan mengelola uang, Anda bisa mengembalikan kondisi finansial ke jalur yang benar dan Anda akan terhindar dari kesulitan di kemudian hari.

Untuk mengelola uang, jangan mematok target terlalu tinggi, yang penting membuat rencana selangkah demi selangkah. Berikut ini 7 hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan agar Anda kondisi finansial Anda aman seperti dilansir Womanitely.

1. Boleh: Menabung mulai sekarang

Menabung tidak harus menunggu sampai besok atau tahun depan. Jika Anda belum mulai menabung, mulailah sekarang. Anda perlu menabung ke rekening tabungan setiap bulan untuk membangun finansial yang kuat. Memiliki tabungan senilai setidaknya 6-8 bulan untuk membiayai hidup, sangat penting untuk menjaga Anda saat kehilangan pekerjaan. Menabung tidak boleh ditunda karena kehilangan pekerjaan bisa terjadi setiap saat. Anda juga menabung untuk masa depan, masa pensiun dan untuk hal-hal yang mungkin Anda ingin beli satu hari nanti.

2. Tidak Boleh: Belanja boros

Jika Anda adalah tipe orang yang hobi ke mal dan belanja barang-barang tanpa pikir panjang, ini adalah kebiasaan yang harus Anda hentikan dengan segera. Belanja bukan hobi yang baik untuk dimiliki. Anda hanya buang-buang uang ketika membeli sesuatu hanya karena dorongan hati. Belanja boros biasanya Anda membeli barang-barang yang tidak benar-benar dibutuhkan. Jika memang menginginkan sesuatu, luangkan waktu untuk melakukan survei kecil tentang harga barang dan kemampuan budget yang Anda miliki.

3. Boleh: Melunasi kartu kredit secara penuh

Sangat penting untuk melunasi kartu kredit Anda secara penuh setiap bulan untuk menghindari beban bunga dan turunnya skor kredit Anda. Jika Anda tidak mampu membayar tagihan kartu kredit setiap bulan, saatnya untuk berhenti menggunakan kartu kredit. Di samping ingin memiliki skor kredit yang baik, Anda tentu juga tidak ingin memiliki utang yang begitu banyak pada kartu Anda, bukan? Jika memiliki lebih dari satu atau dua kartu kredit, Anda mungkin menyimpan sebagian dan hanya memakai satu yang Anda benar-benar butuhkan.

4. Tidak Boleh: Pinjam uang dari rentenir

Pinjam uang dari rentenir harus dihindari sama sekali. Pinjaman dari mereka mungkin membantu Anda ketika Anda berada dalam situasi yang ketat. Tetapi nilai bunga yang dibebankan sangat konyol. Jika terlanjur menggunakan pinjaman ini lebih dari sekali, Anda akan menemukan kesulitan untuk melunasi pinjaman dengan cepat. Pinjaman semacam ini seperti perangkap yang memaksa Anda berjuang mencari jalan keluar sendiri.

5. Boleh: Mencatat pengeluaran

Anda tidak harus memantau pengeluaran setiap hari, namun cukup seminggu atau sebulan sekali. Ini akan membantu Anda mengetahui seberapa efisien Anda menggunakan uang Anda dan bagaimana Anda dapat mengurangi pengeluaran Anda. Masalahnya, kita sering menghabiskan uang pada hal-hal yang kita tidak perlu. Catat uang yang Anda belanjakan setiap hari/minggu/bulan agar Anda tahu pengeluaran Anda, sehingga bisa lebih hemat untuk bulan berikutnya.

6. Tidak Boleh: Tergoda belanja saat liburan

Musim liburan adalah waktunya rekreasi dan jalan-jalan di pusat perbelanjaan. Tidak dilarang untuk melakukan hal itu karena mendatangkan kebahagiaan. Dan kebahagiaan diperlukan. Namun jangan belanja barang berharga mahal tetapi tidak terlalu dibutuhkan atau tidak sebanding dengan nilainya. Lebih baik Anda membuat anggaran tersendiri untuk liburan sehingga tidak mengganggu biaya-biaya lainnya.

7. Boleh: Berinvestasi

Investasi untuk masa depan adalah ide yang baik. Menghabiskan uang untuk membeli pakaian, ponsel, atau hiburan tidak akan membantu Anda membangun masa depan yang cerah. Sementara perhiasan perak atau emas dapat melayani Anda dan anak-anak Anda selama bertahun-tahun. Berinvestasi di properti adalah ide yang cerdas juga, tetapi hanya jika Anda mampu membelinya.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section