1. HOME
  2. FINANCE
KARTU KREDIT

Perlukah Anda Memiliki Kartu Kredit?

Anda yang berniat memiliki kartu kredit sebaiknya berpikir matang lebih dulu.

By Desy Afrianti 22 Desember 2015 16:45
Ilustrasi kartu kredit/BNI.co.id

Money.id - Sebagian orang memilih menggunakan kartu kredit untuk fleksibilitas. Kartu kredit juga memudahkan orang yang tak memiliki uang tunai dalam transaksi.

Tak hanya untuk belanja, kartu kredit sangat membantu mereka yang punya kebutuhan mendesak seperti membayar rumah sakit.

Tetapi pengguna sebaiknya bijaksana dalam menggunakan kartu kredit, sebab, bila tidak Anda bisa terlilit utang atau terbebani oleh cicilan yang menumpuk.

Anda yang berniat memiliki kartu kredit sebaiknya berpikir matang lebih dulu. Sebelum mengajukan aplikasi, bertanyalah pada diri sendiri, apakah membutuhkan kartu kredit atau tidak.

Pro dan kontra berikut ini mungkin bisa memberi masukan sebelum Anda memutuskan membuat kartu kredit seperti dikutip dari ciputraentrepreneurship.com, Selasa 22 Desember 2015.

Alasan punya kartu kredit

1. Kenyamanan

Kartu kredit tidak akan sepopuler seperti sekarang jika itu tidak memberikan kenyamanan.

Membayar di toko, di restoran, atau pembelian tiket online lebih mudah dengan sepotong kartu kredit.

Fakta sebagian besar toko menerima Visa, dan MasterCard. Bahkan penyewaan Lamborghini pun bisa diurus dengan kartu kredit disertai potongan harga.

Untuk anak-anak, memiliki satu kartu kredit adalah langkah menuju kedewasaan. Untuk orang dewasa, memiliki satu kartu kredit membuat Anda merasa seperti seorang negarawan sejati. Either way, tekanan untuk menyesuaikan diri untuk memiliki kartu kredit memang cukup besar.

2. Penghargaan

Salah satu faktor pendukung terbesar untuk memiliki kartu kredit adalah image pribadi atau gengsi yang akan berpengaruh langsung dengan kebiasaan belanja Anda.

Tergantung pada kartu Anda di mana, berbagai macam pilihan tersedia sesuai dengan gaya hidup.

Ada kartu yang menawarkan tiket pesawat, barang olahraga, dan lainnya. Terlebih lagi, mengumpulkan poin bagi pemegang kartu juga dapat mempengaruhi keinginan hati mereka untuk berbelanja.

3. Membangun kredit

Menggunakan kartu kredit secara bertanggung jawab dapat membantu membangun nilai kredit seseorang, yang bisa berarti Anda lebih dipercaya untuk pinjaman lainnya.

Yang terpenting dalam menggunakan kartu kredit adalah menjaga pembelian Anda. Jangan sampai pelunasan pembayaran melebihi tanggal jatuh tempo.

Alasan tidak punya kartu kredit

1. Keterlambatan pembayaran

Sejauh ini, bagian paling berbahaya dalam memiliki kartu kredit adalah tidak membayar tepat waktu. Dan bagi banyak orang, masalah ini merupakan godaan konstan meskipun konsekuensinya jelas.

Ketika Anda satu kali membayar lewat jatuh tempo, untuk kembali ke akun kita yang bebas utang menjadi semakin sulit.

Biaya keterlambatan, bunga, dan denda lebih cepat dari yang Anda kira, dan tiba-tiba Anda harus melakukan pembayaran bulanan biaya dan bahkan tidak menyentuh pembelian utama Anda.

2. Utang

Sebagai akibat keterlambatan pembayaran, banyak orang yang dikejar-kejar utang kartu kredit dan tidak ada jalan keluar.

Perusahaan membuat hampir tidak mungkin bagi Anda untuk keluar dari utang. Antara biaya dan bunga menumpuk, masalah ini tampaknya terus bertambah buruk, tidak lebih baik.

3. Biaya tersembunyi

Sering kali, perusahaan kartu kredit akan mengatakan atau melakukan apa pun agar Anda memberikan tandatangan pada aplikasi mereka.

Setelah itu mereka baru mengingatkan tentang biaya-biaya yang Anda tidak tahu.

Keputusan mempunyai kartu kredit ini pastinya tergantung dari pertimbangan dan prioritas Anda.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section