1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS AKHIR TAHUN

4 Peluang Bisnis Jelang Natal dan Akhir Tahun

Jangan tunggu lama, segera ambil perlengkapan dan jajal penjualannya.

By Stella Maris 22 Desember 2015 15:53
Ilustrasi Tour Guide (prweb.com)

Money.id - Memasuki bulan terakhir di akhir tahun, sudahkah Anda melakukan langkah cerdas membangun bisnis? Mungkin Anda sudah punya ide bisnis atau melihat peluang berbisnis?

Bila belum, ada beberapa usaha yang dapat menjadi referensi Anda menjelang Natal dan akhir tahun 2015 berikut ini:

1. Bisnis Kue Kering
Ini adalah salah satu bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan. Bila Anda punya resep kue kering seperti nastar, kastengle, putri salju, atau jenis lainnya, segera ambil perlengkapan dan jajal penjualannya.

Peluang bisnis itu, dilihat oleh Nina Damayanti. Karyawan swasta itu mengaku awalnya hanya sebagai penggemar kue kering saja.

Namun lantaran harga kue semakin mahal, Nina memutuskan coba membuatnya sendiri. "Akhirnya coba bikin dan dipasarin, ternyata peminatnya lumayan. Jadilah bisnis kue kering ini," ujar Nina kepada Money.id, Selasa 22 Desember 2015.

Nah siapa tahu, ada rekan Anda yang berminat membelinya untuk Natal atau tahun baru. Bila Anda punya relasi yang luas, dapat pula ditawarkan ke perusahaan.

2. Bisnis Rental Kendaraan
Akhir tahun Anda dihabiskan bersama keluarga besar? Daripada membiarkan mobil yang biasa digunakan nganggur, Anda bisa berbagi tempat duduk dengan keluarga lainnya, dalam satu mobil.

Lalu apa? Nah, bila berani ammbil peluang, Anda dapat menyewakan mobil tersebut. Namun pastikan mobil disewakan pada orang yang dikenal dan dapat menjaga kendaraan kesayangan Anda.

Bagi Anda yang tinggal di sekitar lokasi wisata, peluang bisnis ini dapat diraih. Anda dapat menyewakan kendaraan roda dua pada wisatawan yang datang. Biasanya harga satu kendaraan yang disewakan sekitar Rp60-75 ribu per 24 jam.

3. Bisnis Pemandu Wisata
Ini adalah salah satu peluang bisnis dengan hasil yang menguntungkan. Bagi Anda yang jago menggunakan bahasa asing, tour guide atau jasa pemandu wisata, sangat cocok dijadikan lahan penghasilan sampingan.

Bila tak paham dengan sejarah wisata yang dituju, Anda mungkin perlu menggalinya dari internet atau dari orang sekitar yang mengetahui setiap sudut lokasi wisata itu.

Selain bisa mendapatkan uang, lumayan kan bisa jalan-jalan gratis?

4. Bisnis Barang Bekas
Anda punya pakaian atau barang-barang tak terpakai? Jangan keburu dibuang, karena dapat dipasarkan kembali dengan harga terjangkau.

Dalam dunia bisnis, menjual barang bekas disebut sebagai garace sale. Yuk mulai memilah barang layak pakai mana saja yang dapat dijual lagi, dengan harga terjangkau.

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section