1. HOME
  2. FINANCE
HARGA EMAS

Segera Jual Emas Anda, Harga Emas Dunia Diprediksi Melorot

Harga emas diprediksi akan melorot menjadi $850 per ounce dalam enam bulan ke depan.

By Desy Afrianti 23 Desember 2015 06:20
Ilustrasi emas

Money.id - Pakar komoditas Renji Betari memprediksi harga emas akan menyusut, karena pelemahan nilai tukar sejumlah negara. Pelemahan nilai tukar bisa mendorong beberapa bank sentral yang selama ini mengkoleksi emas sebagai cadangan devisa justru berbalik menjual emas yang dimilikinya.

Analis Bursa Berjangka ini memperkirakan harga emas akan melorot menjadi $850 per ounce dalam enam bulan ke depan.

Dari awal tahun hingga kemarin (year to date), harga emas dunia berdasarkan data LOCO, ambles 10 persen meskipun harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) masih mencatat kenaikan 1,3 persen akibat depresiasi rupiah terhadap dolar Amerika.

Renji mengatakan, semenjak resesi di Amerika dan Eropa, negara-negara maju ini dihadapkan pada ancaman deflasi.

Hingga saat ini baik Amerika maupun negara-negara di kawasan Eropa masih membukukan inflasi tahunan di bawah satu persen.

Jepang bahkan hampir mendekati nol persen, yang mendorong Pemerintahnya terus mengeluarkan stimulus. Inflasi di negara berkembang kawasan Asia juga ikut menciut akibat pelemahan ekonomi ini.

Sementara emas berfungsi melindungi mata uang suatu negara dan menjaga inflasi agar tidak melambung atau biasa disebut hedge-against-inflation. Jika tidak ada inflasi, maka fungsi emas sebagai pelindung tidak lagi penting.

Di sisi lain, pemulihan ekonomi di Amerika mendorong penguatan dolar Amerika dan menyebabkan mata uang negara lain melemah.

Akibatnya bagi negara yang likuiditasnya ketat akan mencari jalan lain guna mengamankan kas negara maupun membayar utang negara. Salah satu caranya dengan menjual cadangan devisa yang berupa emas. Baca selengkapnya di sini

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section