1. HOME
  2. FINANCE
NEWS

BI: Kebutuhan Uang untuk Natal dan Tahun Baru Capai Rp80,7 Triliun

Jabodetabek diperkirakan menjadi wilayah outflow tertinggi yang mencapai Rp22,3 triliun

By Putri Nabilla 23 Desember 2015 12:55
Ilustrasi lonjakan kebutuhan uang ( merdeka.com )

Money.id -  Dalam rangka memenuhi kebutuhan uang tunai menjelang Natal dan Akhir Tahun yang umumnya terjadi peningkatan kebutuhan uang di masyarakat, Bank Indonesia (BI) mengantipasi dengan mempersiapkan pelayanan sistem pembayaran.

BI melakukan optimalisasi distribusi dan persediaan uang tunai di Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan BI di daerah serta peningkatan layanan kas kepada masyarakat.

Untuk sistem pembayaran nontunai, BI juga telah mengantisipasi kemungkinan lonjakan transfer baik yang dilakukan baik melalui sistem Real Time Gross Settlement (RTGS) maupun Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Dikutip dari situs resmi bi.go.id, BI menjamin persediaan uang secara nasional cukup untuk kebutuhan uang menjelang Natal dan Akhir Tahun, baik dari sisi jumlah total maupun jumlah pecahan.

Kebutuhan uang (outflow) periode Desember 2015 diproyeksikan sebesar Rp80,7 triliun, sementara realisasi outflow pada tahun sebelumnya sebesar Rp72,9 triliun atau mengalami peningkatan sebesar 10,7 persen.

Adapun rincian outflow tertinggi yang telah diperkirakan BI mencapai Rp22,3 triliun yang terjadi di wilayah Jabodetabek, seperti dikutip dari laman BI, 23 Desember 2015,.

- Sulampua Rp11,6 triliun

- Kalimantan Rp7,7 triliun

- Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Jambi Rp7,3 triliun

-Jawa Timur Rp7 triliun

-Jawa Tengah dan Yogyakarta Rp6,8 triliun

-Sumatera Utara dan Aceh Rp5,6 triliun

-Jawa Barat dan Banten Rp5,4 triliun

-Bali dan Nusa Tenggara Rp3,9 triliun

-Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu dan Lampung Rp3,1 triliun.

Dalam optimalisasinya, BI juga berkoordinasi dengan perbankan untuk meningkatkan peran perbankan dalam penukaran uang kepada masyarakat. Selain itu, BI juga bekerjasama dengan pihak eksternal seperti perbankan, polisi air dan media massa dalam pelaksanaan kas keliling. Serta penyampaian operasional kegiatan layanan kas BI menjelang Natal dan Akhir Tahun.

BI mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan uang menjelang Natal dan Akhir Tahun, selalu waspada dan hati-hati dalam bertransaksi dengan uang serta selalu cermat dan teliti terhadap ciri-ciri keaslian rupiah. (ita)

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section