1. HOME
  2. FINANCE
PERAYAAN NATAL

Natal dan Tahun Baru, Nasabah Diimbau Pakai Transaksi Nontunai

Weekend banking dan holiday banking BRI dibuka pada 26 hingga 27 Desember 2015.

By Adhi 23 Desember 2015 14:42
Bank BRI (Dwi / Money.id)

Money.id - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) telah menyiapkan stok dana tunai sebesar Rp 24,71 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada saat musim libur akhir tahun 2015. Total dana yang disiapkan meningkat 5,68% jika dibandingkan tahun lalu.

Corporate Secretary Bank BRI, Hari Siaga mengungkapkan, alokasi dana lebih banyak difokuskan ke kebutuhan ATM yang memiliki porsi 75 persen, sedangkan 25 persen lainnya untuk kebutuhan dana di Unit Kerja Operasional (UKO).

"Dari stok dana tunai sebesar Rp 24,71 triliun, sebanyak Rp 18,47 triliun ditempatkan di lebih dari 21 ribu ATM Bank BRI dan Rp 6,24 triliun untuk kebutuhan kas harian di UKO di seluruh Indonesia selama periode 24 Desember hingga 1 Januari 2016," imbuh Hari Siaga dalam keterangan persnya.

Seluruh operasional layanan ATM juga akan tetap terjaga karena BRI menerjunkan tim khusus pemantau ATM. "Sepanjang periode akhir tahun ini, tim ATM BRI akan melakukan isi ulang ATM dengan frekuensi hingga 3 kali sehari," ujar Hari Siaga.

Selain menyiapkan dana yang lebih besar, Bank BRI juga mengoperasikan 471 UKO di seluruh Indonesia selama libur akhir tahun ini. Untuk melayani seluruh transaksi nasabah, BRI tetap beroperasi di beberapa tempat.

"Di antaranya, kegiatan weekend banking dan holiday banking yang dilaksanakan pada 26 hingga 27 Desember 2015 oleh 140 UKO BRI. Sedangkan kegiatan Kliring RTGS dilaksanakan pada 21 hingga 23 Desember 2015 kemudian tanggal 28 hingga 31 Desember 2015," kata Hari Siaga.

Sementara itu, kegiatan untuk layanan nasabah dan nasabah inti kerjasama BRI diantaranya penerimaan pembayaran pembelian BBM dan non-BBM dari SPBU atau Pertamina dan sebagainya dilaksanakan pada tanggal 24, 26, dan 31 Desember 2015 di 236 UKO di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk layanan transaksi di rumah sakit yang beroperasional 24 jam di 8 UKO.

Kriminalitas

Sehubungan dengan meningkatnya aksi kriminalitas yang biasa terjadi baik menjelang maupun pada saat musim libur akhir tahun, Bank BRI tak lupa mengingatkan nasabahnya agar selalu waspada.

“Pada saat mengambil uang tunai, nasabah diminta agar selalu berhati-hati serta agar mengambilnya dalam jumlah sewajarnya sesuai kebutuhan, mengingat saat ini BRI telah menyediakan ATM dalam jumlah banyak yang tersebar di seluruh Indonesia,” tutur Hari Siaga.

Selain itu, untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi dan menghindarkan diri dari aksi kriminalitas, BRI menyarankan nasabah agar melakukan transaksi secara nontunai, baik melalui fasilitas e-channel, e-banking maupun dalam bentuk uang elektronik BRI, yaitu BRIZZI.

Lebih lanjut, Bank BRI juga meminta nasabah agar selalu menjaga kerahasiaan PIN serta mengubah PIN secara berkala. “Apabila terjadi permasalahan atau kurang jelas mengenai berbagai produk atau layanan yang diberikan BRI, nasabah agar menghubungi call BRI di 14017,” pungkas Hari Siaga.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section