1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Agar Tak Kalap, Ikuti Tips Belanja Pintar Akhir Tahun Ini

Cermat sebelum berbelanja supaya kita benar-benar membeli barang sesuai kebutuhan.

By Desy Afrianti 27 Desember 2015 15:30
Ilustrasi diskon

Money.id - Menjelang akhir tahun, biasanya pusat belanja menggelar pesta diskon. Potongan harga yang mereka tawarkan cukup besar, bahkan ada yang hingga 80 persen.

Mulai dari produk fashion hingga barang elektronik semua melakukan "cuci gudang". Nah, godaan diskon itulah yang terkadang membuat bonus akhir tahun kita habis.

Agar tak terlena oleh year-end sale, sebaiknya kita perlu menyiasatinya. Cermat sebelum berbelanja supaya kita benar-benar membeli barang sesuai kebutuhan, sehingga duit tidak habis, masih bisa untuk menabung.

Apa saja yang bisa Anda lakukan sebelum menghabiskan bonus akhir tahun? Simak tips berikut ini seperti dikutip dari situs resmi BCA pada Minggu 27 Desember 2015

Pisahkan budget
Pisahkan dana yang ingin Anda tabung sebelum benar-benar membelanjakannya. Pastikan dana tersebut masuk ke dalam rekening terpisah, agar Anda bisa mulai medisiplinkan diri.

Buat daftar belanja dan budget
Catatlah barang-barang yang Anda perlukan, termasuk kado-kado yang mungkin akan Anda berikan untuk orang-orang tersayang di akhir tahun.

Pastikan Anda membelikan kado sesuai dengan budget yang Anda miliki, jangan over price ataupun 'murahan' agar tidak mengurangi makna dari pemberian kado tersebut.

Belanja hemat
Tawaran year-end sale menjadi momen tepat untuk belanja hemat. Anda boleh saja menyisakan budget yang Anda miliki untuk berbelanja.

Tetapi pastikan, Anda tida lapar mata dan tetap pada daftar belanja yang telah Anda buat sebelumnya.

Berbelanja tunai
Bayarlah transaksi belanja Anda dengan uang tunai atau debit. Jangan tergoda untuk menggunakan kartu kredit untuk menghindari belanja melebihi kemampuan Anda.

Intinya sih, tidak ada salahnya jika Anda membelanjakan hasil kerja keras itu, namun setidaknya pastikan bahwa benar Anda membutuhkannya.

Jangan sampai kondisi keuangan Anda jadi berantakan akibat belanja berlebihan di akhir tahun. Anda tentu tak mau memulai tahun baru dengan kondisi keuangan tidak sehat, bukan?

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section