1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Tips Hidup Hemat, Kendalikan Anggaran Bulanan dengan Cara Ini

Membuat anggaran bulanan sangat memungkinkan untuk mengendalikan pengeluaran.

By Rohimat Nurbaya 26 Desember 2015 12:11
Ilustrasi uang (Pixabay)

Money.id - Bagi sebagian orang menghemat uang bulanan tidak mudah. Akibat terlalu banyak pengeluaran pada awal bulan akhirnya tanggal tua mulai keketeran soal keuangan. Membuat anggaran bulanan sangat memungkinkan untuk mengendalikan pengeluaran.

Kemudian dengan pengendalian anggaran bulanan dapat membantu memutuskan bagaimana seharusnya membelanjakan uang, merencanakan masa depan, melunasi hutang, dan menabung untuk keperluan tidak terduga. Dikutip dari dummies.com, berikut tips membuat anggaran bulanan.

1. Mengategorikan pengeluaran

Cara pertama bisa dimulai dengan pengeluaran paling besar sampai dengan pengeluaran yang paling kecil atau yang mungkin
dapat terjadi sewaktu-waktu.

2. Mengategorikanh jenis primer dan sekunder

Dari kategori pengeluaran yang telah dibuat sebelumnya, padatkan menjadi dua, yaitu pengeluaran yang penting dan tidak bisa dihindari atau primer, dan pengeluaran yang tidak begitu penting dan bisa ditunda atau sekunder.

3. Potong kembali

Dari dua jenis pengeluaran di atas, mungkin masih bisa memotong atau memangkas pengeluaran yang sekiranya tidak diperlukan
segera.

Selain itu, pemotongan daftar pengeluaran ini juga dapat dipindahkan untuk pengeluaran lebih penting dan tidak dapat ditunda.

4. Perkirakan

Lihat kembali struk belanjaan dan buku rekening dalam beberapa bulan terakhir, sehingga dapat melihat mana hal yang benar-benar penting dan dapat ditunda. Ini akan sangat membantu dalam membuat anggaran bulanan selanjutnya.


Suka Artikel Ini? Klik Like

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section