1. HOME
  2. FINANCE
KARTU KREDIT

Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan alat pembayaran bak pisau bermata dua.

By Rohimat Nurbaya 26 Desember 2015 09:31
Ilustrasi Kartu Kredit (dayair.org)

Money.id - Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang memberikan fasilitas kemudahan pembayaran dengan sistem cicilan atau membayar di akhir periode.

Meski demikian, kartu kredit merupakan alat pembayaran bak pisau bermata dua, dapat menjadi suatu alat pembayaran yang sangat membantu, namun juga dapat menjadi pemicu masalah keuangan seseorang.

Dikutip dari website Prita Hapsari Ghozie, seorang Financial & Business Planner, banyak pengguna fasilitas ini hanya memahami keuntungan dari kartu kredit saja sehingga memungkinakan membawa seseorang terlilit hutang dalam jumlah besar.

Apabila berencana memiliki kartu kredit, berikut ini tips menggunakan kartu kredit secara bijak.

1. Memahami aturan dan rincian biaya-biaya kartu kredit

Kartu kredit merupakan suatu kontrak antara pengguna kartu dengan institusi keuangan yang memfasilitasi alat pembayaran tersebut. Setiap bank yang mengeluarkan kartu kredit memiliki aturannya masing-masing.

Karena itu, pahami baik-baik dengan teliti mengenai biaya apa saja yang dikenakan, besar bunga, tanggal jatuh tempo, dan juga aturan lainnya. Carilah biaya dan bunga terendah.

2. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Sebelum menggunakan kartu kredit, pikirkan baik-baik tujuan memiliki kartu. Apabila kartu kredit ditujukan untuk kondisi darurat, maka gunakan kartu ini hanya saat membutuhkan.

Bedakan antara kebutuhan dengan keinginan berbelanja. Bagi yang menggunakan kartu ini untuk memperoleh keuntungan promo dan cicilan, pastikan belanja sesuai budget dan kemampuan Anda.

3. Sesuaikan limit kartu kredit dengan penghasilan

Ketika mengajukan penggunaan kartu kredit, pastikin kartu tersebut diberikan limit sesuai dengan kemampuan membayar. Dengan memberi batasan penggunaan akan mencegah dari ketidak sanggupan membayar utang.

4. Jangan biasakan terlambat bayar tagihan

Jangan terlambat membayar tagihan kartu kredit karena akan terkena biaya keterlambatan yang memperbesar tagihan.

Semakin lama menunda pembayaran maka akan semakin besar denda yang dikenakan, bahkan bisa lebih besar dari pokok cicilannya. Jadi biasakan untuk disiplin membayar kartu kredit tepat waktu.

5. Jangan bayar hanya sebatas minimum

Pembayaran tagihan sebesar angka minimum berarti tidak terkena denda keterlambatan. Namun dengan membayar seminimum mungkin berarti membutuhkan waktu lama untuk melunasi utang pokok dan lebih lama bayar bunga.

Jadi sebaiknya bayarlah tagihan kartu kredit lebih besar dari batas minimum untuk mengurangi beban bunga yang ditanggung.


Suka Artikel Ini? Klik Like

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section