1. HOME
  2. FINANCE
VIDEO

VIDEO: Mengapa Rupiah Bisa Menguat atau Melemah?

Nilai tukar sebuah mata uang pada dasarnya mencerminkan harga dari mata uang tersebut.

By Febriyani 8 Januari 2016 17:00
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika (youtube.com/Bank Indonesia Channel)

Money.id - Mengapa nilai tukar rupiah bisa menguat atau melemah terhadap mata uang negara lain? Nilai tukar sebuah mata uang pada dasarnya mencerminkan harga dari mata uang tersebut. Pada prinsipnya, nilai tukar ditentukan oleh kebutuhan atau demand, dan ketersediaan atau supply antara dua mata uang masing-masing negara. Nilai tukar yang ditentukan oleh pasar akan berubah-ubah nilainya tergantung pada kebutuhan dan ketersediaan mata uang tersebut.

Apa yang menyebabkan permintaan mata uang meningkat? Permintaan mata uang untuk transaksi pembelian barang atau jasa dari luar negeri atau impor dan pembayaran utang luar negeri.

Penguatan atau pelemahan mata uang juga dapat dipengaruhi oleh faktor global. Seperti penguatan ekonomi di Amerika Serikat dan pelemahan ekonomi China. Hal ini membuat Bank Sentral Amerika Serikat berencana menaikkan suku bunga. Akibatnya, uang dolar Amerika Serikat yang tersebar di berbagai negara, tertarik untuk kembali ke Amerika Serikat. Dolar Amerika Serikat pun menguat terhadap hampir seluruh mata uang dunia, termasuk terhadap rupiah.

 

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section