1. HOME
  2. FINANCE
KURS RUPIAH

Ini Penyebab Nilai Tukar Rupiah Sempat Melemah

Rupiah menurun 83 poin dari hari sebelumnya yang dipatok Rp13.863.

By Rohimat Nurbaya 7 Januari 2016 13:15
Ilustrasi uang Rupiah (Bloomberg)

Money.id - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat melemah. Dari data Bank Indonesia, Kamis 7 Januari 2015 rupiah dibuka pada angka Rp13.946 per US$1. Jumlah tersebut menurun 83 poin dari hari sebelumnya yang dipatok Rp13.863.

Dikutip dari Bloomberg, penururan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat itu disebabkan ketegangan Iran dan Arab Saudi. (Baca: Sempat Melemah, Rupiah Kembali Berjaya Pagi Ini)

Arab Saudi dan Iran memutuskan hubungan diplomatik setelah kedutaan Arab di Teheran diserang. Penyerangan itu dipicu setelah Arab Saudi mengeksekusi ulama Syiah asal Iran.

Merosotnya nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar itu dipengaruhi juga merosotnya harga minyak mentah Brent. (Baca: Bergerak di Zona Positif, Rupiah Dibuka Menguat Pagi Ini)

Tidak hanya rupiah beberapa mata uang lain di Asia Tenggara pun ikut menurun akibat ketegangan itu, salah Rigit (Malaysia).

Mata uang Ringgit turun 1,2 persen menjadi 4,3465 ringit per US$1 dolar. Penurunan itu merupakan yang terbesar sejak 9 November 2015. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section