1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

BI: Orang Bergaji Rp4 Juta Optimis Pendapatannya Naik 6 Bulan ke Depan

Peningkatan indeks tertinggi terjadi di Bandar Lampung sebesar 23,8 poin dan Semarang 11,2 poin.

By Rohimat Nurbaya 7 Januari 2016 10:14
Bank Indonesia (Flickr)

Money.id - Survei Bank Indonesia mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi dalam enam bulan mendatang menguat. Optimisme itu dapat dilihat dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) pada Desember 2015 sebesar 121,0 naik 6,2 poin dari November 2015.

Berdasarkan laporan Divisi Statistik Sektor Rill dan Departemen Statistik Bank Indonesia, secara regional penguatan IEK terjadi di 15 kota. Peningkatan indeks tertinggi terjadi di Bandar Lampung sebesar 23,8 poin dan Semarang 11,2 poin.

Berdasar tingkat pengeluaran, peningkatan IEK tertinggi terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp4-5 juta per bulan.

Meningkatnya IEK Desember 2015 didorong peningkatan pada seluruh komponen pembentuknya, antara lain: ekspektasi penghasilan, ekspektasi ketersedian lapangan kerja dan ekspektasi kegiatan usaha.

Indeks ekspektasi ketersedian lapangan pekerjaan enam bulan mendatang naik 6,7 poin dari bulan sebelumnya menjadi 103,5. Jumlah tersebut kembali menyentuh level optimis lebih dari 100 setelah tiga bulan sebelumnya berada pada level pesimis.

Dengan adanya peningkatan tersebut, indeks ekspektasi penghasilan dan kegiatan usaha berada pada angka 6,5 dan 5,6 poin.

Peningkatan indeks ekspektasi penghasilan tertinggi terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp4-5 juta per bulan.

Sementara itu, peningkatan indeks ekspektasi kegiatan usaha tertinggi terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp3-4 juta per bulan.


Suka Artikel Ini? Klik Like

(rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section