1. HOME
  2. FINANCE
KURS RUPIAH

Bergerak di Zona Positif, Rupiah Dibuka Menguat Pagi Ini

Mulai beranjaknya harga minyak dunia membuat rupiah sempat bergerak di zona positif.

By Desy Afrianti 6 Januari 2016 10:45
Tumpukan uang di Bank BNI (Dwi Narwoko/Money.id)

Money.id - Nilai tukar rupiah pada perdagangan Rabu 6 Januari 2016 dibuka menguat 47,1 poin atau 0,34 persen ke level Rp 13.845 per USD dibandingkan perdagangan hari sebelumnya Rp13.892 per USD.

Mengutip Bloomberg, nilai tukar sepanjang hari diprediksi bergerak direntang Rp13.841 per USD hingga Rp13.845 per USD.

Analis NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan mulai beranjaknya harga minyak dunia membuat rupiah sempat bergerak di zona positif. Bahkan tak tanggung-tanggung menguatnya rupiah sempat mendekati area 13.800an.

Akan tetapi, perkiraan tidak bertahan lama dan membuat pelaku pasar harus berhati-hati karena melemahnya yuan terhadap USD menyebabkan potensi melemahnya rupiah sehingga penguatan rupiah ini hanya berpeluang secara jangka pendek sifatnya.

"Kemarin PBoC mematok dolar AS setara 6,5 yuan atau terendah sejak 24 Mei 2011 pada sistem perdagangan valuta asing (valas) China," ujarnya dalam riset harian seperti dikutip dari Merdeka.com.

Menurut dia, tampaknya pelaku pasar mulai optimistis terhadap pergerakan rupiah di tengah ketidakpastian ekonomi China, nilai yuan juga masih dibayang-bayangi dengan pelemahan maka tentu akan membawa imbas negatif pada rupiah ke depannya.

"Meski demikian, tetap cermati berbagai sentimen yang dapat mempengaruhi laju rupiah. Laju rupiah masih akan berpeluang menguat dengan target support 13.915 dan resisten 13.780," ucapnya.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section