1. HOME
  2. FINANCE
KURS RUPIAH

Belanja Pemerintah Dipacu, Rupiah Kembali Melaju

Pelaku pasar melihat adanya sentimen perbaikan perekonomian Indonesia.

By Syahid 4 November 2015 11:13

Money.id - Laju kurs rupiah untuk sementara mengawali November 2015 dengan sempurna. Selama tiga hari berturut-turut, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus bergerak naik.

Data kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia, Rabu, 4 November 2015 mencatat rupiah menguat 133 poin menuju level 13.461 per dolar AS.

Sepanjang November 2015, kurs rupiah terhadap dolar AS tercatat sudah menguat 178 poin. Meski di perdagangan perdana bulan ini, rupiah sempat longsor 43 poin.

Sementara data kurs Bloomberg juga mencatat rupiah terus bergerak menguat.

Penguatan rupiah terjadi di tengah banjirnya dana asing yang masuk pasar surat utang. Indonesia memberikan sinyal positif terkait sinyap percepatan ekonomi yang gencar menggelontorkan belanja pemerintah.

Sepanjang 2015, pemerintah Joko Widodo telah mengambil jatah belanja hingga 70 persen. Pasar surat utang juga semakin berkilau setelah data inflasi menunjukan adanya perbaikan selama Oktober.

Pada perdagangan pagi ini, Bloomberg mencatat rupiah mengat 0,7 persen ke level 13.465 per dolar AS.

Sepanjang bulan ini rupiah tercatat sudah menguat 1,7 persen menyusul kenaikan 7 persen pada Oktober lalu. Kenaikan ini menjadi rupiah sebagai mata uang negara emerging yang menguat tertinggi sepanjang Oktober.

"Ada sentimen perbaikan dalam perekonomian Indonesia," kata Ekonomi dari Oversea-Chinese Banking Corp yang berbasis di Singapura, Wellian Wiranto mengutil laman Bloomberg. (ary)

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(s/s)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section