1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS KEUANGAN

Sebelum Beli Mobil, Perhatikan Cara Mengajukan Kredit Ini

Pembelian mobil lewat sistem kredit memiliki proses yang cukup panjang.

By Desy Afrianti 13 Januari 2016 15:45
Ilustrasi kredit mobil/acc.co.id

Money.id - Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) menyatakan 90 persen penjualan kendaraan bermotor di Indonesia dibiayai oleh sistem kredit, tak terkecuali pembelian mobil.

Meski demikian, banyak juga yang tidak mengetahui tahapan dalam mengajukan kredit mobil. Pembelian mobil lewat sistem kredit memiliki proses yang cukup panjang.

Sebelum mengajukan kredit, tahapan awal yang dilalui konsumen adalah memilih kendaraan yang akan dibeli disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

"Kemudian konsumen mengajukan kredit ke perusahaan pembiayaan atau finance yang dia pilih, kemudian finance yang terpilih akan mengumpulkan dokumen seperti KTP, KK, dan bukti penghasilan," kata Direktur Utama Indomobil Finance, Gunawan, Rabu 13 Januari 2016.

Gunawan menambahkan, tahap berikutnya pihak finance akan mengirimkan petugas untuk melakukan survei ke rumah konsumen. Berdasarkan data yang diperoleh, akan diajukan usulan pembiayaan kepada komite kredit.

"Apabila pengajuan disetujui komite kredit, maka perusahaan pembiayaan akan mengirimkan Purchase Order atau PO kepada penjual mobil, bisa dealer atau perorangan pribadi," ucapnya.

Gunawan menjelaskan, atas dasar purchase order tersebut, konsumen harus membayarkan uang muka yang tertulis di situ. Setelah konsumen membayar uang muka, penjual dapat melakukan transaksi dengan konsumen.

"Pada akhirnya mobil diantarkan penjual ke tempat konsumen, berdasarkan tanda terima konsumen, penjual akan mengirimkan penagihan kepada perusahaan pembiayaan," ujar Gunawan menambahkan.

Kata dia, untuk mobil second ada tambahan yaitu pengecekan kendaraan bekas yang mau dibeli dan pengecekan keabsahan dokumen seperti STNK dan BPKB mobil tersebut.

"Tahapan tahapan ini diurus oleh penjual dan pegawai dari perusahaan pembiayaan, yang dilakukan konsumen hanya menyiapkan dokumen dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh surveyor dari perusahaan pembiayaan," ucap dia. (poy)

(Laporan: Abdul Kharis)

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section