1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Cara Rawat Motor Matik Agar Tetap Awet

Umumnya, perawatan dilakukan empat bulan sekali dengan 24 item yang dicek.

By Rohimat Nurbaya 9 Januari 2016 09:06
Ilustrasi motor matik (www.astra-honda.com)

Money.id - Sepeda motor harus dirawat secara intensif, jika Anda ingin performanya tetap baik selama beberapa tahun. Minimal melakukan servis rutin.

Umumnya, perawatan sepeda motor dilakukan setiap 4.000 kilometer atau setiap empat bulan sekali dengan 24 item yang dicek.

Dikutip dari welovehonda.com, beberapa bagian sepeda motor yang harus dicek secara rutin adalah saluran bensin, filter bensin, cara kerja selongsong gas di tangan, drive belt filter udara, busi, dan lainnya.

Ketika mengecek, biasanya montir memastikan tidak ada kebocoran di saluran bensin dengan aliran minimumnya adalah 98 cm kubik per 10 detik.

Kemudian tidak kalah penting untuk dicek adalah filter udara, terutama apabila sering berkendara di daerah berdebu atau basah. Idealnya, filter udara diganti tiap 16.000 kilometer.

Untuk oli mesin harus diganti setiap servis 4.000 kilometer. Namun oli transmisi cukup diganti tiap 8.000 kilometer saja.

Bagian lain paling penting perlu diganti adalah busi. Idealnya, komponen ini diganti setiap 8.000 kilometer. Tapi apabila kondisi pengapiannya masih bagus bisa diganti dengan tenggang waktu lebih lama.

Berikut detail perawatan motor rutin selama tiga tahun:

1 tahun atau per 12.000 kilometer

Dalam kurun waktu ini Belum banyak komponen yang harus diganti, paling tidak mengganti oli mesin dan busi, sisanya hanya melakukan pengecekan standar.

2 tahun atau per 24.000 kilometer

Komponen yang wajib digantu adalah busi, oli mesin, drive belt dan oli transmisi. Estimasi biaya sekitar Rp209.000 diluar ongkos servis

3 tahun atau per 32.000 kilometer

Dalam kurun waktu ini hanya perlu mengganti oli mesin karena komponen lainnya sudah dilakukan penggantian sesuai interval yang di atas. (ita)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section