1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Niat Beli Mobil Bekas Taksi, Perhatikan Hal Berikut!

Salah satu mobil bekas taksi yang saat ini banyak dijual adalah Toyota Limo, harganya dipatok sekitar Rp70 jutaan.

By Rohimat Nurbaya 8 Januari 2016 08:03
Toyota Limo (Toyota Astra Motor)

Money.id - Beli mobil bekas jadi alternatif ketika kantong pas-pasan. Apabila ingin lebih murah lagi, beli mobil bekas taksi bisa jadi alternatif. Namun ketika ingin memilikinya harus meneliti dengan seksama.

Dikutip dari website resmi Toyota Astra Motor, bisanya perusahaan taksi menjual mobilnya setelah masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan garansi habis. Rata-rata umur nya lebih dari lima tahun.

Salah satu mobil bekas taksi yang saat ini banyak dijual adalah Toyota Limo, harganya dipatok sekitar Rp70 jutaan. Biasanya unit yang dijual sudah direkondisi jadi seharusnya Anda memilih kondisi terbaik dengan kisaran harga tersebut.

Namun wajib disadari mobil bekas taksi biasa bekerja keras karena dipakai setiap hari dengan jarak pemakaiannya mencapai ratusan ribu kilometer. Jadi sebelum membeli mobil bekas taksi bagian yang wajib dicek adalah kaki-kaki, dan kondisi bodi.

Kemudian hal lain yang harus diperhatikan adalah melakukan riset pada siang hari bila mengunjungi langsung pool taksi unit yang tersedia banyak. Lalu sisihkan yang sudah dicek agar semakin mudah memilih.

Saat digunakan, Limo biasanya jadi taksi bandara. Sebaiknya, hindari unit ini sebab kilometer ditempuh lebih tinggi dibanding yang lain.

Pilih unit yang sudah direkondisi mendekati Vios dengan tambahan pelapis jok, kaca film, headunit, power window, spion elektrik, cat bodi, dan pelek.

Paling penting mengecek bagian mesin, pantau kondisi segala cairan, busi, dan lainnya yang masih visual. Bila perlu bawa montir yang lebih paham.

Pembelian mobil bekas taksi belum tentu dapat garansi, tapi bisa saja meminta kepada penjual jaminan kondisi dalam jangka waktu tertentu. Sama seperti membeli mobil bekas lain, siapkan dana lebih untuk perawatan awal dan perbaikan tidak terduga.

Test drive wajib dilakukan untuk mengetahui rasa pemakaian sekaligus mendeteksi kondisi aneh termasuk pada kopling, rem, serta operasional mekanis seperti buka-tutup pintu, tombol-tombol, dan gerak roda.


Suka Artikel Ini? Klik Like

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section