1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Catat! Ini Komponen Sering Rusak pada Power Steering Mobil

Power steering menggunakan tekanan oli dengan memanfaatkan karet seal sebagai pembatas supaya tidak bocor.

By Rohimat Nurbaya 31 Desember 2015 12:53
Tempat oli power stering (toyota.astra.co.id)

Money.id - Saat ini hampir semua mobil keluaran baru sudah menggunakan power steering. Mobil menggunakan teknologi itu cenderung memiliki stir ringan serta mudah dikendalikan.

Ternyata power steering tidak bisa dibiarkan begitu saja, sebab perlu perawatan khusus. Meski demikian, perawatan yang perlu dilakukan sangat mudah, hanya perlu mengontrol oli, serta minyak power steering secara rutin.

Tapi di balik keunggulannya itu, ada beberapa komponen power steering yang cepat rusak. Pasalnya, teknologi itu menggunakan tekanan oli dengan memanfaatkan karet seal sebagai pembatas supaya tidak bocor.

Dikutip dari toyota.astra.co.id, berikut ini beberapa komponen yang sering rusak pada power stering.

Karet seal

Karet sel power stering bagian bawah (simple-car-answers.com)

Seal power steering terbuat daribahan karet elastis yang sangat mudah robek, terutama apabila terkena kotoran yang mengeras.

Apalagi untuk karet seal pompa power steering bagian bawah, sangat rentan dengan kotoran karena letaknya berdekatan dengan permukaan jalan.

Namun karet seal pompa power steering bagian atas juga tidak luput dari masalah kebocoran. Pada bagian atas biasanya disebabkan akibat faktor usia, bahan pembuat karet seal yang sudah dimakan waktu dan mengalami penurunan kualitas.

Apabila terjadi kerusakan tersebut karet seal power steering harus segera diganti supaya normal kembali.

As berkarat

Selang power steering berkarat (ultimatepowersteering.com.au)

Ini kerusakan yang sangat fatal pada sistem power steering, karena pabila as power steering rusak pasti akan menyebabkan karet seal rusak.

Apabila sudah rusak susah untuk diperbaiki paling tidak harus diganti baru harganya pun lumayan mahal.

Kerusakannya biasanya akibat kotoran yang masuk bersama oli power steering. Bisa juga karena oli power steering tercampur dengan air sehingga menyebabkan karat.

Selang

Selang power stering (tradeindia.com)

Kerusakan pada selang power steering biasanya akibat usia selang cukup lama. Alat itu berfungsi untuk mengalirkan oli power steering dengan tekanan cukup tinggi, maka lama kelamaan selang akan bocor dengan sendirinya karena kualitas bahannya semakin lama semakin berkurang.

Disarankan apabila mengganti selang power steering beli original supaya lebih awet karena kualitasnya sudah terjamin. (dwq)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section